Fadhilah, Rizqiyatul (2023) PERAN GURU PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA DI MI AN NASHRIYAH. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar.
Text
HALAMAN AWAL.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (613kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (563kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (411kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (558kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (500kB) |
Abstract
Seorang guru tidak hanya sebagai individu yang mengajarkan materi saja kepada peserta didik, tetapi juga sebagai seorang pendidik mampu memberi ilmu pengetahuan yang bermoral. Pembelajaran akidah akhlak di MI merupakan suatu metode yang mengarahkan kemampuan dasar peserta didik serta pengalaman dan melakukan pembiasaan-pembiasaan secara sederhana, guna menjadikan perilaku peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran-peran guru akidah akhlak dalam membentuk karakter religius siswa kelas IV MI An Nashriyah. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan cara Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis data yang peneliti ketahui bahwa peran guru dalam membentuk karakter religius siswa kelas IV meliputi sebagai demonstrator, pengelola kelas, fasilitator dan mediator, evaluator bagi peserta didik dalam pembelajaran. Cara guru dalam menanamkan karakter religius dengan memberikan pembiasaan�pembiasaan yang ada di sekolah, dengan melaksanakan sholat duha berjamaah sebelum pembelajaran di mulai, dilanjut dengan pembacaan doa. asmaul husna, dan hafalan juz „amma di ruang kelas. Faktor penghambat pembentukan karakter peserta didik kurangnya perhatian dari orangtua, kesibukan orangtua terkadang membuat lupa akan tugas sebagai orangtua untuk mendidik anaknya. Adapun faktor pendukung pembentukan karakter pada peserta didik di MI An-Nashriyah adalah kesadaran orangtua, dengan adanya pembiasaan-pembiasaan di sekolah, peserta didik bisa menanamkan dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-harinya.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru, Pembelajaran Akidah Akhlak, Karakter Religius |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Pendidikan Islam Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Psikologi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Ms perpus staiwar |
Date Deposited: | 20 Sep 2023 00:47 |
Last Modified: | 20 Sep 2023 00:47 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/451 |
Actions (login required)
View Item |