PERAN GURU PADA PEMBELAJARAN FIKIH DALAM MEMBEKALI PENGETAHUAN TENTANG MASA BALIG SISWA KELAS IV MI ISLAMIYAH BANAT SENORI TUBAN

Afifah, Nur Shoimatul (2022) PERAN GURU PADA PEMBELAJARAN FIKIH DALAM MEMBEKALI PENGETAHUAN TENTANG MASA BALIG SISWA KELAS IV MI ISLAMIYAH BANAT SENORI TUBAN. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar.

[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (822kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (914kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (606kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (950kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (575kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (700kB)

Abstract

Guru memiliki tugas atau peranan harus dapat membekali siswa dengan pengetahuan tentang masa balig sebagaimana standar kompetensi yang telah ditentukan, Pembekalan ilmu tentang masa balig ini sangat penting untuk menyiapkan siswa menghadapi masa balig dan dapat mengamalkan tanggung jawab akan kewajiban syariat yang telah dibebankan pada fase penting dalam kehidupannya yaitu masa balig. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peran guru pada pembelajaran fikih dalam membekali pengetahuan masa balig siswa kelas IV di MI Islamiyah Banat Senori Tuban serta mengetahui bagaimana kesiapan siswa kelas IV MI Islamiyah Banat dalam menghadapi masa balig. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif jenis deskriptif, subjek data dalam penelitian ini adalah guru fikih, siswa kelas IV, dan kepala sekolah selaku pemegang otoriter. Objek data dalam penelitian ini adalah peran guru, pembelajaran fikih, pengetahuan masa balig siswa MI Islamiyah Banat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru fikih dalam membekali pengetahuan masa balig siswa kelas IV dikatakan efektif. Guru dapat mengelola pembelajaran untuk selalu kondusif, efektif dan interaktif dengan menerapkan beberapa peranan untuk menunjang pelaksanaan pembelajaran menjadi berkualitas, dengan melibatkan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa siswa kelas IV sudah siap menghadapi masa balig dengan bekal materi yang telah disampaikan

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Pembelajaran Fikih, Masa Balig.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Pendidikan Islam
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Ms perpus staiwar
Date Deposited: 20 Sep 2023 00:47
Last Modified: 20 Sep 2023 00:47
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/450

Actions (login required)

View Item View Item