PENGARUH PUNISHMENT TERHADAP PERKEMBANGAN PSIKOLOGI DAN PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DI SDN KALIMATI 2 SIDOARJO

Burhanuddin, Mochammad Imamum (2023) PENGARUH PUNISHMENT TERHADAP PERKEMBANGAN PSIKOLOGI DAN PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DI SDN KALIMATI 2 SIDOARJO. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar.

[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (697kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (769kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (724kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (688kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (461kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (687kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya kontroversi tentang pemberian hukuman dalam dunia pendidikan. Apakah tindakan hukuman yang dilakukan pendidik tersebut salah atau wajar dan lumrah di dunia pendidikan. Kemajuan teknologi juga membuat siswa lebih cepat berkembang namun juga memiliki psikologi yang kurang kuat karena sering dimanja dan kurang diperhatikan dalam kesehariaanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh punishment terhadap perkembangan psikologi dan pembentukan karakter disiplin siswa pada era zaman sekarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah field research atau penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data penelitian ini adalah warga sekolah SDN Kalimati 2. Hasil data penelitian ini tidak ada pengaruh signifikan hukuman terhadap perkembangan psikologi dan pembentukan karakter disiplin siswa. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengujian hasil uji T hitung XY1 sebesar 0,202, sedangkan T tabel pada tingkat keyakinan 95% adalah 2,059 (0,202 < 2,059). Dan nilai sig. 0,842 < 0,05. Karena T hitung < T tabel dan nilai sig. > 0,05, maka artinya bahwa hukuman tidak berpengaruh signifikan terhadap perkembangan psikologi siswa. Hasil uji T Hitung XY2 sebesar 1,375, sedangkan T tabel pada tingkat keyakinan 95% adalah 2,059 (1,375 < 2,059). Dan nilai sig. 0,182 < 0,05. Karena T hitung < T tabel dan nilai sig. > 0,05, maka artinya bahwa hukuman tidak berpengaruh signifikan terhadap pembentukan karakter disiplin siswa.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hukuman, Perkembangan Psikologi, dan Karakter disiplin
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Psikologi Perkembangan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Ms perpus staiwar
Date Deposited: 15 Sep 2023 03:17
Last Modified: 15 Sep 2023 03:17
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/439

Actions (login required)

View Item View Item