ETIKA GURU DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR MENURUT KH. HASYIM ASYARI DALAM KITAB ĂDĀB AL ĂLIM WA AL MUTA’ALLIM DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN TEMATIK

Rofiq, Muhammad (2020) ETIKA GURU DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR MENURUT KH. HASYIM ASYARI DALAM KITAB ĂDĀB AL ĂLIM WA AL MUTA’ALLIM DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN TEMATIK. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-anwar.

[img] Text
ABSTRAK-MUHAMMAD ROFIQ.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (725kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (889kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (963kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (605kB)
[img] Text
lampiran lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (499kB)

Abstract

Rofiq, Muhammad. 2020. Etika Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Menurut KH. Hasyim Asy‟ari dalam kitab Adāb al-Ălim Wa al Muta‟allim dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Tematik. Skripsi. Progam Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing Muhammad Jamil, Lc, M.Pd. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena kemorosatan etika guru yang terjadi belakangan ini, sekaligus untuk mengapresiasi etika guru yang pernah dirumuskan KH. Hasyim Asy‟ari dalam kitabnya yang berjudul “Adāb al-Ălim Wa al Muta‟allim” Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan etika guru dalam proses belajar mengajar yang terdapat dalam kitab “Adāb al-Ălim Wa al Muta‟allim” dan untuk mengetahui implikasinya terhadap pembelajaran tematik di kelas IV SDN 03 Karas Sedan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan dengan bertumpu pada data-data kepustakaan yaitu dengan mengkaji tentang etika guru menurut KH. Hasyim Asy‟ari dan hasil observasi, wawancara, dokumentasi pembelajaran tematik di kelas IV SDN 03 Karas. Kemudian dianalisis dengan menggunakan metode content analysis atau analisis isi. Subjek dari penelitian ini adalah wali kelas SDN 03 Karas. Objek penelitian ini adalah implikasi etika guru dalam kitab Adāb al-Ălim Wa al Muta‟allim terhadap pembelajaran tematik di kelas IV SDN 03 Karas Sedan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan analisis isi, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan model analisis data yang dikemukakan oleh Miles and Huberman, yaitu data reduction, data display, dan verification reduksi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa etika guru dalam proses belajar mengajar yang terdapat dalam kitab Adāb al-Ălim Wa al Muta‟allim meliputi: 1. Etika guru terhadap diri. 2. Etika guru dalam proses belajar mengajar. 3. Etika guru terhadap peserta didik. Etika guru yang terdapat dalam kitab Adāb al-Ălim Wa al Muta‟allim masih relevan untuk digunakan sebagai penguatan kompetensi guru pada pembelajaran formal maupun non formal. Hasil penelitian juga membuktikan bahwasanya etika guru yang terdapat dalam kitab Adāb al-Ălim Wa al Muta‟allim mempunyai implikasi terhadap pembelajaran tematik di kelas IV SDN 03 Karas Sedan. Meskipun ada satu hal yang belum menunjukkan adanya implikasi, yaitu: Wali kelas IV belum mampu mengembangkan RPP yang digunakannya atau belum mempunyai suatu karya tulis terkait bidang pendidikan. Kata Kunci: Etika guru, pembelajaran tematik dan kitab Adāb al-Ălim Wa al Muta‟allim.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Etika guru, pembelajaran tematik dan kitab Adāb al-Ălim Wa al Muta‟allim.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Filsafat Pendidikan
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Unnamed user with email admin@repositori.staialanwar.ac.id
Date Deposited: 07 Sep 2023 03:14
Last Modified: 07 Sep 2023 03:14
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/438

Actions (login required)

View Item View Item