Najib, Moh Ainun (2020) PENGGUNAAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER MANDIRI SISWA KELAS V SD NEGERI KARAS TAHUN AJARAN 2019/2020. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-anwar.
Text
ABSTRAK_MOH. AINUN NAJIB_compressed.pdf Download (1MB) |
|
Text
bab 1.pdf Download (966kB) |
|
Text
bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (946kB) |
|
Text
bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (985kB) |
|
Text
bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (621kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (927kB) |
|
Text
lampiran lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Najib, Moh Ainun. 2020. “Penggunaaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik Dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Mandiri Siswa Kelas V Sd Negeri Karas Tahun Ajaran 2019/2020”. Skripsi. Progam Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekol ah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing Moh. Saiful Fatwa, M.Pd. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang terjadi yakni kebiasaan mencontek siswa dan juga kurangnya kemandirian siswa dalam mengerjakan tugas yang diberikan guru kelas”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran project based learning untuk meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran tematik dan implikasinya terhadap pembentukan karakter mandiri siswa kelas V SDN 1 Karas Sedan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Karas yang berj umlah 21 siswa yang dibagi kedalam 5 kelompok. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisi s hasil belajar siswa menggunakan soal pretest-postets yang sudah diuji validitas dan reabilitas. Sedangkan analisis karakter mandiri pada penelitian ini mengunakan analisis deskriptif dengan instrument observasi dan wawancara . Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan peningkatan nilai rata-rata pretest 3,80 menjadi 4,38 saat posttest. Kemudian dari hasil observasi dan wawancara menunjukkan adanya implikasi model pembelajaran project based learning terhadap pembentukan karakter mandiri siswa pada kelas V SDN 1 Karas Sedan. Kata Kunci: Project Based Learning, Hasil Belajar Dan Karakter Mandiri.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Project Based Learning, Hasil Belajar Dan Karakter Mandiri. |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@repositori.staialanwar.ac.id |
Date Deposited: | 07 Sep 2023 03:14 |
Last Modified: | 07 Sep 2023 03:14 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/437 |
Actions (login required)
View Item |