ANALISIS REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP PERKEMBANGAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS V SDIT AVICENNA TAHUN 2019/2020

Inayaturrohmah, Fajri (2020) ANALISIS REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP PERKEMBANGAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS V SDIT AVICENNA TAHUN 2019/2020. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-anwar.

[img] Text
ABSTRAK_Fajri Inayaturrohmah.pdf

Download (4MB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (946kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (863kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (817kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (927kB)
[img] Text
lampiran2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Inayaturrohmah, Fajri. 2020. “Analisis Reward dan Punishment terhadap Perkembangan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Kelas V SDIT Avicenna Lasem Tahun 2019/2020”, Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing Nely Rahmawati Zaimah, M.Pd. I Penelitian ini dilakukan karena banyaknya penyimpangan moral dan akhlak siswa yang tidak sesuai dengan tujuan yang telah diharapkan, pelanggaran-pelanggaran tersebut dilakukan karena tidak ada rasa jiwa dan semangat disiplin serta tanggung jawab dalam dirinya. Dengan adanya reward dan punishment yang diberikan kepada siswa menimbulkan dampak pada siswa terkait perkembangan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pemberian reward dan punishment, hambatan dan solusi dari pemberian reward dan punishment, serta dampak pemberian reward dan punishment terhadap perkembangan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa kelas V SDIT Avicenna Lasem tahun 2019/2020. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V. Metode penelitian skripsi ini termasuk dalam kategori penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perkembangan kedisiplinan dan tanggung siswa pada tingkat disiplin dan tanggung jawab baik dalam mentaati tata tertib misalnya kedatangan sekolah, tidak membolos sekolah, tidak terlambat masuk sekolah, lengkap dan lain sebagainya. Kedisiplinan dan tanggung jawab terkait dengan belajar misalnya adalah tidak makan di kelas, tidak membuat suara gaduh, dan lain sebagainya. Dengan demikian siswa SDIT Avicenna Lasem sudah menunjukkan perkembangan karakter disiplin dan tanggung jawab yang baik dan positif di lingkungan sekolah. Namun masih terdapat beberapa siswa yang sengaja tidak mau mengindahkan, dan masih saja melakukan kesalahannya lagi. Karena memang karakter dari bebrapa siswa tersebut sudah susah untuk diatur. Kata Kunci: Reward, Punishment, Perkembangan Karakter, Disiplin dan Tanggung Jawab

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Reward, Punishment, Perkembangan Karakter, Disiplin dan Tanggung Jawab
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Psikologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Unnamed user with email admin@repositori.staialanwar.ac.id
Date Deposited: 07 Sep 2023 03:14
Last Modified: 07 Sep 2023 03:14
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/436

Actions (login required)

View Item View Item