A’abadia, Eko Arif Ilhami (2020) KONSEP PENDIDIKAN DALAM KITAB WAṢĀYĀ AL-ABĀ`I LI ALABNĀ`I DAN IMPLIKASINYA PADA PENDIDIKAN KARAKTER DEMOKTRATIS DAN PEDULI SOSIAL DALAM KURIKULUM 2013. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-anwar.
Text
1-ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text
bab 1.pdf Download (870kB) |
|
Text
bab2.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (851kB) |
|
Text
bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (839kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (844kB) |
|
Text
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
A’abadia, Eko Arif Ilhami. 2020. Konsep Pendidikan Dalam Kitab Waṣāyā AlAbā`i Li Al-Abnā`i Dan Implikasinya Pada Pendidikan Karakter Demoktratis Dan Peduli Sosial Dalam Kurikulum 2013. Skripsi. Program Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah Sekolah Tinggi Agama Islam Al Anwar Sarang. Pembimbing Zainal Arifin, M.Pd. Penelitian ini dilakukan karena beberapa alasan yaitu permasalahan pendidikan yang semakin kompleks dan kemerosotan moral bangsa Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya kasus seperti pelecehan seksual, pembunuhan, hamil di luar nikah dan lain-lain yang dilakukan oleh anak usia dini. Selain itu penelitian ini dilakukan karena mengingat pentingnya karakter dan moral bangsa demi tercapainya negara yang maju dan aman. Mengkaji dan mengupas makna yang terkandung di dalam kitab Waṣāyā Al-Abā`i Li Al-Abnā`i karya Syekh Muḥammad Shākir adalah satu cara untuk mengembangkan dan memperbaiki moral bangsa bagi para pelajar khususnya dan para pengajar pada umumnya. Penelitian ini bertujuan mengkaji konsep pendidikan karakter yang ada di dalam kitab Waṣāyā Al-Abā`i Li Al-Abnā`i karya Syekh Muḥammad Shākir apakah konsep pendidikan yang ditawarkan sesuai dan ada kaitanya dengan konsep pendidikan karakter serta implikasinya pada pendidikan karakter demokratis dan peduli sosial dalam kurikulum 2013. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian pustaka (library research) dengan pendekatan deskriptif analisis. Sumber data primer yang digunakan adalah kitab Waṣāyā Al-Abā`i Li Al-Abnā`i dan skunder adalah buku Mendidik Untuk Membentuk Karakter karya Thomas Lickona dan Implementasi Kurikulum 2013: Konsep & Penerapan karya Imas Kurinasih. Teknik pengumpulan data menggunakan penelitian dokumen, analisis data dan uji validitas data menggunakan teknik triangulasi antar peneliti dan pengecekan sejawat. Dari hasil analisis didapatkan bahwa konsep pendidikan dalam Waṣāyā Al-Abā`i Li Al-Abnā`i, yaitu: (1) Akhlak kepada Allah, (2) Akhlak kepada Rasulullah, (3) Akhlak kepada sesama manusia, diantaranya: kepada orang tua, guru, dan teman, (4) Adab-adab peserta didik, diantaranya: adab menuntut ilmu, adab belajar, mengkaji ulang dan diskusi, adab beribadah dan masuk masjid, adab dalam majelis dan pertemuan, (5) Macam-macam pembelajaran akhlak terpuji dan tercela. Kemudian juga berimplikasi pada pendidikan karakter demokratis dan peduli sosial dengan adanya nasihat untuk saling hormat, mengerti akan hak dan kewajiban, toleransi, dan berkasih sayang pada siapa pun. Kata Kunci: Konsep Pendidikan, Karakter, Demokratis, Peduli Sosial, Waṣāyā AlAbā`i Li Al-Abnā`i. V MOTO D
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konsep Pendidikan, Karakter, Demokratis, Peduli Sosial, Waṣāyā AlAbā`i Li Al-Abnā`i. V MOTO D |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Filsafat Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@repositori.staialanwar.ac.id |
Date Deposited: | 07 Sep 2023 03:14 |
Last Modified: | 07 Sep 2023 03:14 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/435 |
Actions (login required)
View Item |