Pambudi, Aji Setia (2022) ANALISIS GERAKAN LITERASI SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN BUDAYA SEKOLAH DI SD ISLAM FAAZ TUBAN. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-anwar.
Text
1. ABSTRAK Aji Setia Pambudi.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (786kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (750kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (573kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (639kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (449kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (673kB) |
|
Text
SAMPUL DLL.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pambudi, Aji Setia, 2022. Analisis Gerakan Literasi Sekolah Dalam Pelaksanaan Budaya Sekolah di SD Islam Faaz Tuban. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang Rembang. Pembimbing: Syamsul Hadi, M. Pd. Penelitian ini diasumsikan dari data yang tercatat mengenai turunnya literasi negara indonesia tahun 2015 yang menduduki peringkat 62 dari 70 Negara yang mengikuti tes PISA. Penulis melakukan penelitian terkait GLS di SD Islam Faaz Tuban. Hal ini dikarenakan di SD Islam Faaz Tuban menerapkan GLS sehingga peneliti tertarik untuk melaksanakan penelitian mengenai GLS di SD Islam Faaz Tuban. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan pelaksanaan GLS sebagai budaya sekolah di SD Islam Faaz Tuban; 2) menganalisa faktor pendukung dan faktor penghambat GLS di SD Islam Faaz Tuban; 3) menganalisa upaya SD Islam Faaz dalam mengatasi hambatan dalam pelaksanaan GLS. Penelitian ini didesain menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek utama dalam penelitian ini yaitu siswa kelas III. Objek penelitian ini yaitu gerakan literasi sekolah dalam pelaksanaan budaya sekolah. Sumber data penelitian dari kepala sekolah, guru dan siswa kelas III . Data ini dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data dengan mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa GLS dalam pelaksanaan budaya sekolah di SD Islam Faaz Tuban secara garis besar terlaksana dengan baik. Selain itu, masih diperlukan adanya penelitian pengembangan dalam mengatasi hambatan yang terjadi dalam pelaksanaan GLS. Faktor pendukung dan faktor penghambat budaya GLS yang mendominasi adalah faktor penghambat. Faktor penghambat lebih mengarah kefaktor internal maupun eksternal sedangakan faktor pendukung mengarah kepada faktor internalnya seperti memaksimalkan kompetensi guru sebagai pelaksana program. Upaya yang dilakukan pihak sekolah yaitu mensosialisakan kepada wali murid pentingnya literasi sejak dini, mengajukan proposal ke pemerintah untuk mendapatkan bantuan buku serta menghidupkan kelas khusus literasi. Kata-kata kunci: Budaya Sekolah, Gerakan Literasi Sekolah, SD Islam Faaz Tuban.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Budaya Sekolah, Gerakan Literasi Sekolah, SD Islam Faaz Tuban. |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Sekolah Swasta |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@repositori.staialanwar.ac.id |
Date Deposited: | 07 Sep 2023 03:13 |
Last Modified: | 07 Sep 2023 03:13 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/434 |
Actions (login required)
View Item |