PERAN GURU PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS V SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI MI SULTAN FATTAH JEPARA

Zubaidi, Ahmad Afif (2022) PERAN GURU PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS V SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI MI SULTAN FATTAH JEPARA. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar.

[img] Text
Abstrak SKRIPSI AHMAD AFIF ZUBAIDI NEW.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (767kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (765kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (614kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (802kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (477kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (703kB)
[img] Text
SAMPUL DLL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Zubaidi, Ahmad Afif. 2021. Peran Guru Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas V Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Mi Sultan Fattah Jepara. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing: Herman Khunaivi, M.Pd. Guru memiliki peran dalam mencetak generasi bangsa dan peranannya semakin penting di masa pandemi Covid-19 dimana terdapat kebijakan proses belajar dilakukan secara online dari rumah masing-masing. Melihat perubahan sistem belajar pada masa pandemi maka peran guru terhadap pembelajaran Tematik siswa pada masa pandemi Covid-19 juga turut berubah. Berdasarkan kondisi ini peran guru terhadap pembelajaran Tematik siswa pada masa pandemi Covid-19 sangat berpengaruh terhadap keberhasilan proses belajar-mengajar. Sehingga penulis tertarik untuk mengulas dan mengkaji dalam bentuk penelitian yang berjudul: “Peran Guru pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas V Selama masa Pandemi Covid-19 di MI Sultan Fattah Jepara”. Sedangkan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru pada pembelajaran Tematik peserta didik kelas V MI. Sultan Fattah selama masa pandemi Covid-19.Jenis penelitian adalah Field Research yaitu penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan obeservasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif analitis. Teknik keabsahan data menggunakan teknik Triangulasi yaitu Triangulasi Sumber, Triangulasi Metode, Triangulasi Waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam pembelajaran tematik kelas V di masa pandemi covid-19 adalah sebagai planner; sebagai pengelola kelas atau Organizer; menjadi inovator; menjadi motivator dalam pembelajaran, menjadi fasilitator dalam pembelajaran; menjadi komunikator dalam pembelajaran; menjadi figure (model) dalam pembelajaran; menjadi evaluator pembelajaran; dan sebagai pembimbing pembelajaran. Jadi peran guru adalah seperangkat tingkah laku dan tanggung jawab yang harus dimiliki guru. Untuk memaksimalkan peran guru, sebaiknya pendidik memperkaya metode, dan strategi pembelajaran, sehingga peserta didik akan merasa lebih tertantang dalam pembelajaran. Dengan begitu peserta didik akan lebih bersemangat untuk belajar khususnya pada pembelajaran tematik. Kata Kunci: Peran Guru, Pembelajaran Tematik, dan Pandemi covid-19.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Pembelajaran Tematik, dan Pandemi covid-19.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Ms perpus staiwar
Date Deposited: 02 Sep 2023 07:14
Last Modified: 02 Sep 2023 07:14
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/432

Actions (login required)

View Item View Item