Fahmi, Akhmad Syawaludin (2022) ANALISIS PEMBELAJARAN KELAS PUISI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER MANDIRI DAN PERCAYA DIRI SISWA KELAS IV MI NEGERI 2 NGANJUK Diajukan. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar.
Text
1. HALAMAN AWAL_syawaludin.pdf Download (433kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (790kB) |
|
Text
2. Akhmad Syawaludin Fahmi.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (868kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (701kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (793kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (566kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (672kB) |
|
Text
SAMPUL DLL.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Fahmi, Akhmad Syawaludin. 2022. Analisis Pembelajaran Kelas Puisi dalam Pembentukan Karakter Mandiri dan Percaya Diri Siswa Kelas IV MI Negeri 2 Nganjuk. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing Herman Khunaivi, M.Pd. Karakter merupakan tabiat, watak, sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang menjadi pembeda antara seseorang dengan yang lain. Karakter perlu dibentuk sejak usia sekolah dasar, terlebih pada karakter mandiri dan percaya diri. Karakter mandiri perlu dibentuk dengan alasan miskinnya jiwa mandiri yang dimiliki oleh siswa. Karakter percaya diri dibentuk dengan alasan banyak siswa yang takut atau ragu untuk mengekspresikan dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis serta mendeskripsikan proses pembelajaran kelas puisi dalam pembentukan karakter mandiri dan percaya diri siswa di MI Negeri 2 Nganjuk. Penelitian ini berjenis field research yaitu penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Dengan desain deskriptif. Wujud data dalam penelitian ini berupa proses pembelajaran kelas puisi dalam membentuk karakter mandiri dan percaya diri siswa kelas 4 di MI Negeri 2 Nganjuk. Sumber data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Pengujian keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman, yaitu pengelompokan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran kelas puisi yang digunakan dapat membentuk karakter mandiri dan percaya diri siswa kelas 4 MI Negeri 2 Nganjuk. Proses pembentukan karakter mandiri dengan bentuk kemandirian siswa ketika mengerjakan tugas membuat karya puisi dan dibuktikan dengan pernah dibukukannya menjadi antologi puisi pada tahun 2020, berdiskusi menentukan diksi dalam karya puisi, belajar dengan kemandiriannya sendiri. Proses pembentukan karakter percaya diri melalui pembelajaran kelas puisi direalisasikan dalam bentuk “pembiasaan” baik pada kegiatan praktik baca puisi, berani berpendapat tanpa ada tunjuk menunjuk, mengemukakaan pendapat, menentukan diksi dalam bait-bait puisi, berani mempraktikkan materi olah napas, olah suara dan olah gerak atau gesture didepan teman-temannya, juga berani mengikuti perlombaan di tingkat kecamatan, kabupaten maupun nasional. Pembelajaran tersebut mampu membentuk karakter mandiri dan pecaya diri siswa dibuktikan dengan adanya perubahan sikap serta perilaku siswa yang memenuhi pencapaian indikator karakter mandiri dan percaya diri, prestasi belajar siswa, berani presentasi didepan kelas, juga kemampuan siswa dalam mengikuti ajang kompetisi seni dan olahraga madrasah juga pekan olahraga dan seni yang diadakan oleh Kementrian Pendidikan di tingkat kecamatan, kabupaten hingga nasional. Kata Kunci: Pembelajaran Kelas Puisi, Karakter Mandiri dan Percaya Diri.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Kelas Puisi, Karakter Mandiri dan Percaya Diri. |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Ms perpus staiwar |
Date Deposited: | 03 Sep 2023 05:35 |
Last Modified: | 03 Sep 2023 05:35 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/430 |
Actions (login required)
View Item |