Aperines, Aperines (2022) ANALISIS GURU MERDEKA BELAJAR DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PEDULI SOSIAL PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 5 SD ISLAM FAAZ TUBAN. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-anwar.
Text
Abstrak SKRIPSI APRINES.pdf Download (1MB) |
|
Text
bab 1.pdf Download (706kB) |
|
Text
bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (778kB) |
|
Text
bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (492kB) |
|
Text
bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (692kB) |
|
Text
bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (577kB) |
|
Text
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (581kB) |
Abstract
Aperines, Aperines. 2022. Analisis Guru Merdeka Belajar Dalam Pembentukan Karakter Peduli Sosial Pada Pembelajaran Tematik Kelas 5 SD Islam Faaz Tuban Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar. Pembimbing Herman Khumaivi, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan guru merdeka belajar dalam pembentukan karakter peduli sosial pada tahun pelajaran 2022/2023 di SD Islam Faaz Tuban. Penelitian ini merupakan penelitian jenis kualitatif dengan desain deskriptif. Subjek data dalam penelitian ini adalah guru kelas V dan siswa kelas V. Objek data dalam penelitian ini adalah penerapan guru terhadap merdeka belajar, pembentukan karakter peduli sosial, pembelajaran tematik tema 2 sub tema 2 pembelajaran 5 tentang pentingnya udara bersih bagi pernapasan pada tahun 2022/2023 di SD Islam Faaz Tuban. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan guru merdeka belajar dalam pembentukkan karakter peduli sosial pada pembelajaran tematik yaitu terbagi dalam 3 tahapan. Pertama, persiapan guru dalam kegiatan pembelajaran, kedua, pelaksanaan dalam pembelajaran yang menggunakan metode tugas perkelompok untuk membentuk karakter peduli sosial, ketiga, evaluasi yang bertujuan untuk menilai perkembangan peserta didik. Pembentukan karakter peduli sosial melalui kegiatan pembelajaran tugas perkelompok dan kegiatan santunan anak yatim yang dilakukan setiap hari jum‟at yang bertujuan untuk mengembangkan rasa empati peserta didik. Kata Kunci : Guru Merdeka Belajar, Karakter Peduli Sosial, dan Pembelajaran Tematik.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guru Merdeka Belajar, Karakter Peduli Sosial, dan Pembelajaran Tematik. |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Filsafat Pendidikan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@repositori.staialanwar.ac.id |
Date Deposited: | 27 Aug 2023 14:02 |
Last Modified: | 27 Aug 2023 14:02 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/358 |
Actions (login required)
View Item |