Maffirah, Anif (2022) ANALISIS STRATEGI DAN GAYA MENGAJAR GURU MERDEKA BELAJAR PADA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS RISET KELAS III SD ISLAM UMAR HARUN SARANG REMBANG. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-anwar.
Text
Abstrak Skripsi Anif Maffirah.pdf Download (1MB) |
|
Text
bab 1.pdf Download (486kB) |
|
Text
bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (528kB) |
|
Text
bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (484kB) |
|
Text
bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (822kB) |
|
Text
bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (470kB) |
|
Text
cv&lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (471kB) |
Abstract
Maffirah, Anif. 2022. Analisis Strategi dan Gaya Mengajar Guru Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Berbasis Riset Kelas III SD Islam Umar Harun Sarang Rembang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing : Intan Aulia Rakhmawati, M.Pd. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan peranan penting seorang guru dalam menumbuhkan perhatian dan mempertahankan perhatian siswa terhadap pembelajaran yang sedang berlangsung, oleh karena itu penggunaan strategi dan gaya mengajar akan mempengaruhi siswa selama pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi dan gaya mengajar guru merdeka belajar pada pelaksanaan pembelajaran berbasis riset kelas III SD Islam Umar Harun Sarang Rembang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini berasal dari kepala sekolah dan guru kelas III. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumen. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam melaksanakan pembelajaran riset, guru tidak merujuk secara langsung penyebutan penggunaan macam-macam strategi dan gaya mengajar, akan tetapi dalam melakukan pembelajaran disesuaikan dengan alur tujuan pembelajaran dan kebutuhan siswa yang dapat dikatakan sesuai dengan macam-macam strategi dan gaya mengajar. Adapun strategi pembelajaran yang digunakan dengan baik yaitu strategi ekspositori, PAIKEM, inkuiri dan kooperatif. Sedangkan gaya mengajar yang dilakukan adalah gaya mengajar teknologis, gaya mengajar personalisasi, dan gaya mengajar interaksional. Kata Kunci: Strategi, Gaya Mengajar, Guru Merdeka Belajar, Pembelajaran Berbasis Riset
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Gaya Mengajar, Guru Merdeka Belajar, Pembelajaran Berbasis Riset |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen Pembelajaran Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@repositori.staialanwar.ac.id |
Date Deposited: | 27 Aug 2023 14:02 |
Last Modified: | 27 Aug 2023 14:02 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/357 |
Actions (login required)
View Item |