ANALISIS METODE PEMBELAJARAN BACA TULIS ALQUR’AN (BTA) DI MI MIFTAHUL FALAH REMBANG

Hafizi, Ahmad (2023) ANALISIS METODE PEMBELAJARAN BACA TULIS ALQUR’AN (BTA) DI MI MIFTAHUL FALAH REMBANG. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-anwar.

[img] Text
ABSTRAK Skripsi Hafizdi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (571kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (602kB)
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (493kB)
[img] Text
lampiran2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Hafizi, Ahmad. 2022. Analisis Metode Pembelajaran Baca Tulis alQur’an (BTA) di MI Miftahul Falah Rembang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang Pembimbing: Syamsul Hadi, M.Pd. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan metode pembelajaran yang diterapkan pada pembelajaran Baca Tulis alQur‟an (BTA) pada kelas I, II dan III MI Miftahul Falah Rembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran BTA di MI Miftahul Falah dan menyajikan secara mendalam metode yang digunakan pada pembelajaran BTA. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tempat penelitian ini di MI Miftahul Falah Rembang. Sumber datanya adalah siswa kelas I, II dan III, guru mata pelajaran BTA dan Kepala Madrasah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan mereduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian yang penulis dapatkan bahwa metode pembelajaran BTA yang digunakan di MI Miftahul Falah adalah metode menirukan. Penerapan metode menirukan dengan cara guru memberikan contoh terlebih dulu kepada siswa cara melafalkan bacaan yang baik dan benar, kemudian siswa mengikuti bacaan guru sampai bacaan siswa sesuai dengan makhraj dan tajwid. Metode pembelajaran BTA di MI Miftahul Falah memiliki kecocokan dengan metode-metode pembelajaran BTA yang populer di Indonesia, akan tetapi metode yang paling mendekati dengan metode menirukan ini adalah metode jibril karena banyak karakteristik metode jibril yang sesuai dengan kegiatan pembelajarannya. Kata kunci: Metode Pembelajaran, Pembelajaran BTA, Metode Pembelajaran BTA.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Pembelajaran BTA, Metode Pembelajaran BTA.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Unnamed user with email admin@repositori.staialanwar.ac.id
Date Deposited: 27 Aug 2023 14:02
Last Modified: 27 Aug 2023 14:02
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/353

Actions (login required)

View Item View Item