Husna, Lathifatul (2021) ANALISIS PEMBELAJARAN FIKIH DI MASA PANDEMI PADA SISWA KELAS IV MI HIDAYATUL MUBTADIIN DS. SUGIHWARAS KEC. JENU KAB. TUBAN. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-anwar.
Text
1. HALAMAN AWAL latifatul.pdf Download (3MB) |
|
Text
2. BAB I.pdf Download (378kB) |
|
Text
3. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (553kB) |
|
Text
4. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (265kB) |
|
Text
5. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (633kB) |
|
Text
6. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (249kB) |
|
Text
CURRICULUM VITAE.pdf Restricted to Repository staff only Download (361kB) |
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (368kB) |
|
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Husna, Lathifatul. 2021. Analisis Pembelajaran Fikih di Masa Pandemi Pada Siswa Kelas VI MI Hidayatul Mubtadiin Ds. Sugihwaras, kec. Jenu, kab. Tuban. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam AL- Anwar Sarang. Pembimbing Muhammad Jamil, M.Pd. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pembelajaran Fikih di Masa Pandemi siswa kelas IV MI Hidayatul Mubtadiin Ds. Sugihwaras, kec. Jenu, kab. Tuban. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan dan menganalisis pembelajaran Fikih. siswa kelas IV dan, untuk mengetahui apa saja faktor penghambat dan pendukung pembelajaran fikih daring di masa pandemi pada sisswa kelas IV MI Hidayatul Mubtadiin Tahun Ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian terfokus pada lokasi penelitian MI Hidayatul Mubtadiin yang beralamat di Ds. Sugihwaras, kec. Jenu, kab. Tuban. Sampel yang dimaksudkan adalah siswa kelas IV MI Hidayatul Mubtadiin. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, sajian data, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian yang diperoleh dari analisis pelaksanaan pembelajaran fikih di masa pandemi meliputi dua cara pembelajaran yaitu pembelajaran daring yang dilakukan di rumah dengan menggunakan aplikasi Whatsapp group dan pembelajaran luring yang dilakukan di rumah wali kelas dan dilakukan di sekolahan. Faktor pendukung dan faktor penghambat pembelajaran fikih di masa pandemi, adapun faktor pendukung pembelajaran fikih adalah nilai-nilai siswa menjadi lebih baik, siswa lebih leluasa dalam mencari materi. Faktor penghambat dari pembelajaran fikih adalah HandPhonenya siswa masih digunakan orangtua, siswa kehabisan data, guru tidak bisa menjelaskan dengan maksimal, kurangnya minat dan motivasi belajar pada peserta didik. Kata Kunci: Pembelajaran Fikih, Pandemi, Kelas IV.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Fikih, Pandemi, Kelas IV |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@repositori.staialanwar.ac.id |
Date Deposited: | 22 Aug 2023 09:00 |
Last Modified: | 22 Aug 2023 09:00 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/305 |
Actions (login required)
View Item |