STRATEGI GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN BERBASIS DARING DI MI TANWIRUL QULUB KECAMATAN BANCAR

Fitria, Khoirotun (2021) STRATEGI GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN BERBASIS DARING DI MI TANWIRUL QULUB KECAMATAN BANCAR. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-anwar.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (687kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (455kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (771kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (563kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN DAN BIODATA PENULIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Fitria, Khoirotun. 2021. Strategi Guru Dalam Membentuk Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran Berbasis Daring Di MI Tanwirul Qulub Kecamatan Bancar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing Zainal Arifin, M.Pd. Pandemi Covid-19 berdampak pada segala bidang termasuk pendidikan. Pembelajaran yang semula bertatap muka menjadi daring. Pembelajaran daring memudahkan siswa belajar di mana pun dan kapan pun. Pembelajaran daring menuntut kedisiplinan dan tanggung jawab siswa supaya pembelajaran dapat berjalan sebagaimana yang telah direncanakan oleh guru. Untuk itu, diperlukan strategi membentuk karakter disiplin dan tanggung jawab siswa selama sistem daring. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi guru dalam membentuk karakter disiplin dan tanggung jawab siswa kelas IV MI Tanwirul Qulub pada pembelajaran daring, dan faktor penghambat pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab serta solusi untuk mengatasi hambatan pembentukan karakter dalam pembelajaran daring. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan desain deskriptif. Subjek utama penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV MI Tanwirul Qulub. Adapun objeknya adalah strategi guru dalam membentuk karakter disiplin dan tanggung jawab siswa kelas IV MI Tanwirul Qulub pada pembelajaran daring, faktor penghambat pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab serta solusi untuk mengatasi hambatan pembentukan karakter dalam pembelajaran daring. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipasi pasif, wawancara mendalam semi-terstruktur, dan dokumentasi. Data hasil observasi, wawancara dan dokumentasi diuji keabsahannya dengan menggunakan uji kredibilitas melalui triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif model Miles dan Huberman, yang melalui tahap reduksi data, penyajian data dan tahap verifikasi atau kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring di MI Tanwirul Qulub dilaksanakan melalui Whatsapp, yang keberhasilannya menuntut adanya kedisiplinan dan tanggung jawab siswa. Pembentukan karakter diterapkan guru melalui sebuah teguran, nasihat, motivasi, kegiatan rutinan serta pengintegrasian dalam kehidupan sehari-hari. Pengaplikasian strategi belum optimal dikarenakan ada beberapa kendala, meski begitu solusi tetap diuji cobakan demi mencapai hasil yang lebih akurat, seperti kurangnya kesadaran dan minimnya kepahaman dalam memanfaatkan teknologi dapat diatasi dengan adanya penataran dan penerapan home visit, untuk lemahnya sinyal jaringan internet dan mahalnya kuota dapat diatasi dengan meningkatkan kerja sama antara guru dan wali murid serta memaksimalkan kompetensi sosial guru. Kata Kunci: Strategi Guru, Pembelajaran Daring, Pendidikan Karakter Siswa

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Pembelajaran Daring, Pendidikan Karakter Siswa
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Psikologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Unnamed user with email admin@repositori.staialanwar.ac.id
Date Deposited: 22 Aug 2023 09:00
Last Modified: 22 Aug 2023 09:00
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/297

Actions (login required)

View Item View Item