ANALISIS PERBEDAAN POLA PENDIDIKAN KARAKTER SISWA MI SE-KECAMATAN SARANG SUDUT PANDANG GEOGRAFI MELALUI PENDEKATAN HUMANISTIK

Mualimah, Mualimah (2020) ANALISIS PERBEDAAN POLA PENDIDIKAN KARAKTER SISWA MI SE-KECAMATAN SARANG SUDUT PANDANG GEOGRAFI MELALUI PENDEKATAN HUMANISTIK. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-anwar.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (305kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (845kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (473kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (885kB)
[img] Text
BAB V-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-1.pdf

Download (5MB)

Abstract

Muallimah. 2020. Analisis Perbedaan Pola Pendidikan Karakter Siswa MI Se Kecamatan Sarang Sudut Pandang Geografi Melalui Pendekatan Humanistik. Skripsi. Program Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al Anwar Sarang. Pembimbing Herman Khunaivi, M.Pd.I Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pola pendidikan karakter yang ditanamkan melalui pelaksanaan pembelajaran disesuaikan dengan karakter dan lingkungan anak tinggal, upaya guru dalam menanamkan nilai-nilai karakter dan faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam menanamkan nilai karakter kepada siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode mixed match. Kajian penelitian adalah Madrasah Ibtidaiyah yang berada diwilayah sarang bagian utara dan sarang bagian selatan. Madrasah yang berada dibagian utara yaitu Madrasah Ibtidaiyah Raudlatus Shibyan, dan Madrasah Ibtidaiyah Al Anwar. Adapun madrasah ibtidaiyah yang berada dibagian selatan yaitu Ibtidaiyah Jaliliyah, dan Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadi’in. Sumber data adalah siswa kelas 5 yang masingmasing memiliki jumlah yang beragam mulai dari 11-27 siswa. Instrumen penelitian menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi data. Teknik analisis menggunakan Model Miles and Hubberman. Uji keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan pengamatan dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini antara madrasah ibtidiayah bagian selatan dan utara memiliki pola pendidikan karakter yang berbeda. Madrasah bagian utara dengan ciri khas pola pendidikan yang humanis dengan perlakuan yang halus, sedangakan di madrasah bagian selatan cenderung menggunakan pola pendidikan karakter yang sedikit lebih keras dan disiplin yang kuat.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Filsafat Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Unnamed user with email admin@repositori.staialanwar.ac.id
Date Deposited: 12 Aug 2023 03:40
Last Modified: 13 Aug 2023 22:35
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/29

Actions (login required)

View Item View Item