Aisyah, Amin Novita (2021) KOLABORASI PEMBELAJARAN BERBASIS DARING DAN LURING DI MASA PANDEMI (STUDI KASUS DI MI HIDAYATUL MUSTOFA GRABAGAN TAHUN AJARAN 2020/202I). skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-anwar.
Text
1-ABSTRAK amin.pdf Download (2MB) |
|
Text
2-BAB I.pdf Download (481kB) |
|
Text
3-BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (517kB) |
|
Text
4-BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (267kB) |
|
Text
5-BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (655kB) |
|
Text
6-BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) |
|
Text
7-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (366kB) |
|
Text
8-LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (782kB) |
|
Text
9-CURRICULUM VITAE.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) |
Abstract
Amin Novita, Aisyah. 202I. Kolaborasi Pembelajaran Daring dan Luring di Masa Pandemi (Studi Kasus di MI Hidayatul Mustofa Grabagan Tahun Ajaran 2020/202I). Skripsi. Progam Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing Nely Rahmawati Zaimah, M.Pd.I Pembelajaran daring dan luring di masa pandemi memiliki peran penting dalam keberhasilan pendidikan di era covid I9, terutama kolaborasi pembelajaran daring dan luring di masa pandemi pada mata pelajaran tematik. Proses pembelajaran yang sesuai dengan peraturan yang dikeluarkan pemerintah dengan belajar online sering terjadi kendala bagi guru dan murid untuk menyampaikan dan menerima materi, sehingga melahirkan pembelajaran luring dengan mematuhi protokol kesehatan pemerintah guna mencapai tujuan yang dikehendaki. Penelitian ini bertujuan untuk (I) Mengetahui bagaimana proses pembelajaran daring di MI Hidayatul Mustofa Grabagan. (2) Bagaimana proses pembelajaran luring di MI Hidayatul Mustofa. (3) bagaimana kolaborasi pembelajaran berbasis daring dan luring di MI Hidayatul Mustofa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik analisis deskriptif, serta menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek utama dalam penelitian ini adalah guru kelas I-VI MI Hidayatul Mustofa Grabagan, serta objeknya adalah kolaborasi pembelajaran berbasis daring dan luring di masa pandemi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kolaborasi pembelajaran berbasis daring dan luring menjadi terobosan pendidikan para era pandemi ini untuk terlaksana dan tercapainya tujuan yang diinginkan. Pada pandemi ini pemerintah mengeluarkan peraturan baru untuk proses pembelajaran yakni dengan pembelajaran jarak jauh atau online. Untuk proses pembelajaran online guru menggunakan aplikas WA dengan membuat grup kelas untuk menyampaikan materi, memberikan tugas, mengumpulkan tugas dan sebagai alat komunikasi antara guru, murid dan orang tua dengan dibantu media lain seperti video, youtube dan lain-lain karena dirasa pembelajaran daring kurang memahamkan siswa maka MI Hidayatul Mustofa mengkolaborasinya dengan pembelajaran luring atau tatap muka yang setiap kelasnya secara bergilir 2-3 kali dalam seminggunya dengan mematui protokol kesehatan pemerintah. Proses pembelajaran luring guru mengulas kembali materi yang belum dipahami pada waktu pemebelajaran online, mengumpulkan tugas yang diberikan pada waktu pembelajaran online maupun tatap muka. Secara umum kolaborasi pembelajaran berbasis daring dan luring di masa pandemi (studi kasus di MI Hidayatul Mustofa Grabagan tahun ajaran 2020/202I) sudah terlaksana dengan cukup baik. Kata kunci : Kolaborasi, Pembelajaran Daring, Pembelajaran Luring
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kolaborasi, Pembelajaran Daring, Pembelajaran Luring |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Evaluasi Pendidikan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@repositori.staialanwar.ac.id |
Date Deposited: | 22 Aug 2023 08:59 |
Last Modified: | 22 Aug 2023 08:59 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/279 |
Actions (login required)
View Item |