Ifa, Vina Mayla’ul (2020) ANALISIS POLA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER MANDIRI, KERJASAMA, DAN DISIPLIN SISWA KELAS IV SD N TEMPERAK TAHUN AJARAN 2019/2020. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-anwar.
Text
1_HALAMAN AWAL.pdf Download (2MB) |
|
Text
2_BAB I.pdf Download (757kB) |
|
Text
3_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (796kB) |
|
Text
4_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (748kB) |
|
Text
5_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
6_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (458kB) |
|
Text
7_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (422kB) |
|
Text
8_CURRICULUM VITAE.pdf Restricted to Repository staff only Download (386kB) |
|
Text
9_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Vina Mayla’ul Ifa, 2020. Analisis pola pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan dalam pembentukan karakter mandiri, kerjasama, dan disiplin siswa kelas IV SD N Temperak tahun ajaran 2019/2020. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam AlAnwar Sarang. Pembimbing Zainal Arifin, M. Pd. Latar belakang dari penelitian ini adalah melihat situasi sosial di kalangan masyarakat yang semakin mengkhawatirkan. Berbagai macam peristiwa dalam pendidikan yang semakin merendahkan harkat dan derajat manusia. Hancurnya nilai-nilai moral, sehingga pendididkan karakter menjadi semakin mendesak untuk diterapkan dalam lembaga pendidikan, mengingat berbagai macam perilaku menyimpang yang telah menyerambah. Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan merupakan salah satu mata pelajaran yang dapat menjadi perantara pembentukan karakter pada anak di bidang pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran PJOK yang menyangkut pembentukan karakter mandiri, kerjasama, dan disiplin pada siswa kelas IV SD N Temperak Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan desain deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV dan guru PJOK SD N Temperak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan trianggulasi. Data di analisis melalui langkah-langkah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan, (1) strategi guru dalam membentuk karakter mandiri, kerja sama, dan disiplin pada siswa kelas IV SD N Temperak ketika pembelajaran maupun di luar kelas adalah menggunakan keteladanan, pembiasaan, dan pemberian sanksi, (2) guru sudah mencantumkan nilai karakter dalam silabus dan RPP dalam perencanaan pembelajaran, (3) Evaluasi nilai karakter yang dilakukan oleh guru ialah dengan menilai perilaku siswa yang dilakukan setiap akhir semester. Faktor pendukung pembentukan karakter siswa ialah sekolah memiliki komitmen kuat serta siswa memiliki perilaku yang baik. Sedangkan faktor penghambatnya guru masih kesulitan dalam penguasaan pembelajaran siswa di luar kelas. Dalam hal ini upaya guru agar bisa mengontrol siswa ketika pembelajaran di luar kelas yaitu dengan membuat kesepakatan terlebih dahulu antara guru dan siswa sebelum memulai pembelajaran agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancar. Kata kunci: Pembelajaran PJOK, Karakter Disiplin, Kerjasama, dan Mandiri, Siswa Kelas IV
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran PJOK, Karakter Disiplin, Kerjasama, dan Mandiri, Siswa Kelas IV |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@repositori.staialanwar.ac.id |
Date Deposited: | 14 Aug 2023 05:46 |
Last Modified: | 14 Aug 2023 05:46 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/192 |
Actions (login required)
View Item |