KONSEP PENDIDIKAN MENURUT MAHMUD YUNUS DALAM KITAB AT-TARBIYATU WA ATTA’LĪMU DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KURIKULUM 2013

Nisrina, Vica Luthfiatun (2020) KONSEP PENDIDIKAN MENURUT MAHMUD YUNUS DALAM KITAB AT-TARBIYATU WA ATTA’LĪMU DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KURIKULUM 2013. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-anwar.

[img] Text
1_HALAMAN AWAL.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2_BAB I.pdf

Download (487kB)
[img] Text
3_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (848kB)
[img] Text
4_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB)
[img] Text
5_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (902kB)
[img] Text
6_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB)
[img] Text
7_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (475kB)
[img] Text
8_CURRICULUM VITAE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB)

Abstract

Nisrina, Vica Luthfiatun. 2020. Konsep Pendidikan Menurut Mahmud Yunus Dalam Kitab At-Tarbiyatu Wa Atta‟līmu dan Implikasinya Terhadap Kurikulum 2013. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing Zainal Arifin, M. Pd. Mahmud Yunus adalah salah satu tokoh pembaharu pendidikan Islam di Indonesia. Ia adalah tokoh yang aktif dan produktif dalam menulis. Karyanya tidak kurang dari 75 buku berbahasa Arab dan berbahasa Indonesia dalam bidang pendidikan, tafsir, maupun fikih. Pada kenyataannya, masayarakat mengenal Mahmud Yunus hanya sebagai penulis atau penyusun Kamus Bahasa Arab. Sehingga, penelitian ini dilaksanakan berdasarkan pemikiran Mahmud Yunus yang masih jarang dikenal oleh mahasiswa, khususnya dalam bidang pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan konsep pendidikan menurut Mahmud Yunus dalam kitab At-Tarbiyatu Wa Atta‟līmu dan implikasinya Terhadap Kurikulum 2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian deskriptif analisis kritis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik studi pustaka atau (Library Reseach). Sumber data yang diambil dari sumber primer adalah kitab At-Tarbiyatu wa At-Ta‟līmu karya Mahmud Yunus dan dokumen kurikulum 2013. Sedangkan sumber sekunder diambil dari literatur yang berkaitan dengan tema yang peneliti ambil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada relevansi antara konsep pendidikan Mahmud Yunus dalam kitab At-Tarbiyatu Wa Atta‟līmu dengan Kurikulum 2013. Dalam KI-1 memang tidak ditemukan kecocokan secara eksplisit dengan kitab AtTarbiyatu Wa Atta‟līmu, namun menurut pandangan Mahmud Yunus tujuan pendidikan secara global adalah bahagia di dunia maupun di akhirat, kebahagiaan tersebut dapat diraih dengan cara beribadah seperti yang tecangkup dalam KI-1 Kompetensi Spiritual. KI-2 Sosial berhubungan dengan konsep tujuan pendidikan memperbaiki akhlak, KI-3 Pengetahuan berhubungan dengan konsep mencari ilmu, KI-4 keterampilan berhubungan dengan konsep tujuan pendidikan mencari rezeki (pekerjaan). Saran yang dapat diberikan hendaknya sebagai pendidik, konsep tersebut menjadi acuan membimbing, mendidik dalam dunia kependidikan dan seharusnya merubah mindset dari cognitive orientation menjadi value orientation. Kemudian untuk peserta didik hendaknya memiliki konsep pendidikan seperti yang diberikan Mahmud Yunus. Bagi peneliti lain diharapkan untuk mengembangkan lagi kajiankajian pendidikan terutama tentang pemikiran Mahmud Yunus. Kata kunci: Konsep pendidikan, Mahmud Yunus, Kitab At-Tarbiyatu Wa Atta‟līmu, Kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Konsep pendidikan, Mahmud Yunus, Kitab At-Tarbiyatu Wa Atta‟līmu, Kurikulum 2013.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Filsafat Pendidikan
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Unnamed user with email admin@repositori.staialanwar.ac.id
Date Deposited: 14 Aug 2023 05:46
Last Modified: 14 Aug 2023 05:46
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/191

Actions (login required)

View Item View Item