Ma’rifah, Siti Nur (2020) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK KURIKULUM 2013 KELAS IV TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER PEDULI SOSIAL, RELIGIUS, DAN MANDIRI DI MI AL HUDA KUNDURAN BLORA TAHUN AJARAN 2019-2020. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-anwar.
Text
BAB AWAL.pdf Download (995kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (170kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (483kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (298kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (349kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (141kB) |
|
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (249kB) |
Abstract
Ma’rifah, Siti Nur. 2020. Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Kurikulum 2013 Kelas IV Terhadap Pembentukan Karakter Peduli Sosial, Religius, Dan Mandiri Di MI Al Huda Kunduran Blora Tahun Ajaran 2019-2020. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al Anwar Sarang. Pembimbing: Nely Rahmawati Z, M. Pd. I. Kata Kunci: Pembelajaran Tematik, Kurikulum 2013, Kelas IV, Pembentukan Karakter Peduli Sosial, Religius, dan Mandiri Pembelajaran tematik merupakan model pembelajaran kurikulum 2013 yang menekankan pada pengembangan hardskill dan softskill. Pembelajaran yang dirancang sebagai pembelajaran yang tidak hanya menekankan pada kemampuan kognitif namun juga kemampuan afektif. Dalam pembelajaran tematik terdapat nilai-nilai karakter yang dikembangkan didalamnya. Penelitian ini membahas tentang pelaksanaan pembelajaran tematik kurikulum 2013 kelas IV terhadap pembentukan karakter peduli sosial, religius, dan mandiri di MI Al Huda Kunduran Blora Tahun Ajaran 2019- 2020. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah pelasanaan pembelajaran tematik kurikulum 2013 kelas IV terhadap pembentukan karakter peduli sosial, religius, dan mandiri di MI Al Huda Kunduran Blora. Metode yang digunakan menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan instrumen observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran tematik kurikulum 2013 kelas IV terhadap pembentukan karakter peduli sosial, religius, dan mandiri di MI Al Huda Kunduran Blora Tahun Ajaran 2019-2020. Adapun hasil dari penelitian, pembelajaran tematik di kelas IV A terhadap pembentukan karakter peduli sosial, religius, dan mandiri masih kurang. Pembentukan karakter dalam pembelajaran tematik masih berupa nasehat-nasihat yang dilakukan oleh guru.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Tematik, Kurikulum 2013, Kelas IV, Pembentukan Karakter Peduli Sosial, Religius, dan Mandiri |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Kurikulum Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@repositori.staialanwar.ac.id |
Date Deposited: | 14 Aug 2023 05:46 |
Last Modified: | 14 Aug 2023 05:46 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/189 |
Actions (login required)
View Item |