Korelasi Antara Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Pembentukan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Kelas V SDN Temperak Sarang Tahun Ajaran 2019-2020

Ula, Robit (2020) Korelasi Antara Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Pembentukan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Kelas V SDN Temperak Sarang Tahun Ajaran 2019-2020. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-anwar.

[img] Text
1_HALAMAN AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2_BAB I.pdf

Download (739kB)
[img] Text
3_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (845kB)
[img] Text
4_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (736kB)
[img] Text
5_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (878kB)
[img] Text
6_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (648kB)
[img] Text
7_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (590kB)
[img] Text
8_CURRICULUM VITAE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (544kB)
[img] Text
9_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Ula, Robit. 2020. “Korelasi Antara Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Pembentukkan Karakter Disiplin dan tanggung Jawab Siswa Kelas V SDN Temperak Sarang Tahun Ajaran 2019/2020”, Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing Muhammad jamil, Lc M.Pd. I Penelitian ini dilakukan karena untuk menanamkan karakter disiplin dan tanggung jawab tidak cukup hanya mengandalkan pada saat proses pembelajaran di kelas saja. Oleh karena itu harus ada program pendamping untuk mencapainya. Oleh karena itu, pramuka merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang diwajibkan guna untuk membentuk para peserta didik dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka terhadap pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab yang ada di SDN Temperak Sarang, (2) mendeskripsikan hasil korelasi kegiatan ekstrakurikuler pramuka terhadap pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab SDN Temperak Sarang. Untuk mencapai tujuan diatas, peneliti menggunakaan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) terdapat berbagai metode untuk membentuk karakter disiplin dan tanggung jawab yaitu penerapan reward dan punishment, pengarahan secara langsung serta pengondisian pada setiap tindakan. (2) hasil korelasi antara kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa kelas V di SDN Temperak terdapat korelasinya atau hubungannya. Hal ini dibuktikan dengan tercapainya dari indikator disiplin dan tanggung jawab. Kata kunci : Ekstrakurikuler, Pramuka, Pembentukan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ekstrakurikuler, Pramuka, Pembentukan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Filsafat Pendidikan
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Unnamed user with email admin@repositori.staialanwar.ac.id
Date Deposited: 13 Aug 2023 22:36
Last Modified: 13 Aug 2023 22:36
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/185

Actions (login required)

View Item View Item