Haqqi, Qona Dila (2020) ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENGOLABORASIKAN DISCOVERY LEARNING DAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS V DI MI NEGERI 1 REMBANG TAHUN AJARAN 2019/2020. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-anwar.
Text
1_HALAMAN AWAL.pdf Download (2MB) |
|
Text
2_BAB I.pdf Download (449kB) |
|
Text
3_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (589kB) |
|
Text
4_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (473kB) |
|
Text
5_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (493kB) |
|
Text
6_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (124kB) |
|
Text
7_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (130kB) |
|
Text
8_CURRICULUM VITAE.pdf Restricted to Repository staff only Download (117kB) |
|
Text
9_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (425kB) |
Abstract
Qona Dila Haqqi, 2020. Analisis Kompetensi Pedagogik Guru dalam Mengolaborasikan Discovery Learning dan Kooperatif Tipe Jigsaw pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas V di MI Negeri 1 Rembang Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing Zainal Arifin, M. Pd. Kompetensi pedagogik guru memiliki peran penting dalam keberhasilan pelaksanaan pembelajaran, terutama dalam mengolaborasikan discovery learning dan kooperatif tipe jigsaw pada pembelajaran tematik. Penggunaan model yang tepat sesuai materi yang disampaikan sering menjadi kendala bagi pendidik untuk menciptakan kelas yang kondusif, menarik dan menyenangkan, sehingga mampu memudahkan peserta didik untuk mencapai tujuan yang dikehendaki. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kompetensi pedagogik guru dalam mengolaborasikan discovery lerarning dan kooperatif tipe jigsaw pada pembelajaran tematik siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Rembang tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik analisis deskriptif, serta menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek utama dalam penelitian ini adalah guru kelas V C MIN 1 Rembang, serta objeknya adalah implementasi kompetensi pedagogik guru dalam mengolaborasikan discovery learning dan kooperatif tipe jigsaw pada pembelajaran tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari kelima indikator kompetensi pedagogik menurut Peraturan Pemerintah Nomor 19 pasal 28 ayat 3 butir a terdapat indikator yang sudah terpenuhi secara ideal yaitu pada pemahaman terhadap karakteristik peserta didik dengan baik, perancangan pembelajaran dengan cukup baik, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan potensi yang dimilikinya dengan cukup baik. Terdapat indikator yang belum terpenuhi secara maksimal yaitu pelaksanaan pembelajaran, pada pelaksanaan pembelajaran kurang berjalan dengan baik sesuai perencanaan model pembelajaran yang telah disusun sehingga kurang ideal, dan indikator evaluasi hasil belajar terpenuhi secara ideal namun kurang lengkap pada administrasi hasil evaluasi. Secara umum kompetensi pedagogik dalam mengolaborasikan model discovery learning dan kooperatif tipe jigsaw pada pembelajaran tematik siswa kelas V di MI Negeri 1 Rembang tahun ajaran 2019/2020 sudah terlaksana dengan cukup baik. Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Model Pembelajaran, Pembelajaran Tematik
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Pedagogik, Model Pembelajaran, Pembelajaran Tematik |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen Pembelajaran Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@repositori.staialanwar.ac.id |
Date Deposited: | 13 Aug 2023 22:36 |
Last Modified: | 13 Aug 2023 22:36 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/184 |
Actions (login required)
View Item |