Firdaus, Badi Atul (2020) PROBLEMATIKA SISTEM ZONASI SEKOLAH TERHADAP PERKEMBANGAN PSIKOLOGI SISWA DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SDN 01 KERTEK DAN SDN 02 KARANGLUHUR KABUPATEN WONOSOBO TAHUN AJARAN 2019/2020. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-anwar.
Text
ABSTRAK_BADI ATUL FIRDAUS.pdf - Submitted Version Download (707kB) |
|
Text
bab 1.pdf - Submitted Version Download (946kB) |
|
Text
bab 2.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
bab 3.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (852kB) |
|
Text
bab 4.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (895kB) |
|
Text
bab 5.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (819kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf - Submitted Version Download (941kB) |
|
Text
lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Firdaus, Badi Atul. 2020. Problematika Sistem Zonasi Pada Perkembangan Psikologi dan Hasil Belajar Peserta Didik Di SD Negeri 01 Kertek dan SD Negeri 02 Karangluhur Kertek Wonosobo. Skripsi . Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing Herman Khunaivi, M.Pd Penelitian ini dilakukan atas fenomena penerapan sistem zonasi pada penerimaan peserta didik baru di tingkat sekolah dasar (SD) khususnya. Di SDN 01 Kertek dan SDN 02 Karangluhur dalam penerimaan peserta didik baru menerapkan sistem zonasi, dimana calon peserta didik adalah siswa yang berasal dari zona 1, 2 dan 3. Dengan adanya penerapan sistem zonasi ini, menjadikan standar penerimaan calon peserta di dik menurun bahkan ditiadakan. Penul isan skripsi denga n judul diatas memiliki tujuan untuk mengetahui seberapa besar problematika sistem zonasi pada perkembangan psikologi siswa serta hasil belajar siswa di SD Negeri 01 Kertek dan SD Negeri 02 Karangluhur Kabupaten Wonosobo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan model noninteraktif. Sedangkan untuk pengumpulan data, penulis menggunakan observasi, wawancara, dokument asi serta triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, problematika sistem zonasi adalah ketika calon peserta didik baru yang seharusnya sudah memiliki kemampuan dasar seperti membaca, menulis dan berhitung tetapi pada dasarnya calon peserta didik baru belum menguasai kemampuan dasar yang telah ditetapkan. Calon peserta didik yang belum menguasai kemampuan dasar akan tetap diterima selama calon peserta didi k berasal dari zona 1, 2, dan 3. Prosentase penerimaan calon peserta didik baru adalah 90% bagi calon peserta didik yang berasal dari zona 1, 2 dan 3 dan 10% bagi calon peserta didik baru yang berasal dari luar zona yang ditent ukan oleh sekolah. Perkembangan psikologi peserta didik terbagi menjadi beberapa tahapan seperti perkembangan fisik (perkembangan fisik seperti sistem saraf, otot, kelenjar endoktrin, struktur fisik atau tubuh), intelektual (kecerdasan berfikir), dan perkembangan sosial (perubahan perilaku individu untuk menjadi makhluk sosial). Pada tahapan usia siswa SD (Sekolah Dasar) ini masih senang bermain bekerja dalam kelompok dan melakukan sesuatu secara langsung. Sedangkan hasil belaj ar adalah perubahan tingkah laku atau tanggapan yang disebabkan oleh pengalaman. Hasil belajar siswa dinilai dari tiga aspek yaitu kognitif (pengetahuan), afektif (sikap), dan psi komotorik (keterampilan/skill). Kata kunci : Sistem Zonasi Sekolah, Perkembangan Psikologi, dan Hasil Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sistem Zonasi Sekolah, Perkembangan Psikologi, dan Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Evaluasi Pendidikan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Kebijakan Pendidikan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Psikologi Perkembangan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@repositori.staialanwar.ac.id |
Date Deposited: | 10 Aug 2023 15:29 |
Last Modified: | 10 Aug 2023 18:28 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/165 |
Actions (login required)
View Item |