ANALISIS PENILAIAN AUTENTIK PADA KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK SISWA KELAS III MIN 1 REMBANG TAHUN AJARAN 2019/2020

Purnamasari, Anna Nurlaili (2020) ANALISIS PENILAIAN AUTENTIK PADA KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK SISWA KELAS III MIN 1 REMBANG TAHUN AJARAN 2019/2020. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-anwar.

[img] Text
1_HALAMAN AWAL.pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[img] Text
2_BAB I.pdf - Submitted Version

Download (563kB)
[img] Text
3_BAB II.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (600kB)
[img] Text
4_BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (287kB)
[img] Text
5_BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (824kB)
[img] Text
6_BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[img] Text
7_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (449kB)
[img] Text
8_CURICULUM VITAE.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[img] Text
9_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Purnamasari, Anna Nurlaili. 2020. Analisis Penilaian Autentik pada Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Tematik Berbasis Pendekatan Saintifik Siswa Kelas III MIN 1 Rembang Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah. Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing Skripsi; Zainal Arifin, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penilaian autentik dalam kurikulum 2013, di mana penilaian lebih kompleks dan tidak hanya fokus pada hasil belajar saja, tetapi juga menilai proses pembelajaran secara menyeluruh baik dari segi afektif, kognitif maupun psikomotorik. Pada kenyataannya pelaksanaan penilaian sering kali berbeda dengan pedoman penilaian kurikulum 2013. Untuk pelaksanaannya aspek penilaian pengetahuan masih relatif menjadi fokus utama, sementara penilaian aspek sikap, baik sikap spiritual maupun sosial dan penilaian psikomotorik masih relatif bersifat administratif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan implementasi penilaian autentik pada kurikulum 2013 dalam pembelajaran tematik berbasis pendekatan saintifik pada siswa kelas III MIN 1 Rembang. Selain itu juga untuk menganalisis dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan implementasi penilaian autentik kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas 3, siswa kelas 3 dan kepala madrasah MIN 1 Rembang. Objek penelitian ini adalah implementasi penilaian autentik dan pembelajaran tematik berbasis pendekatan saintifik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipatif pasif, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis model Miles dan Huberman, mulai dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: penilaian sikap dilakukan melalui penilaian observasi atau pengamatan guru. Penilaian sikap dari penilaian diri dan teman sebaya hanya dilakukan pada waktu tertentu saja. Semua penilaian kognitif telah digunakan oleh guru, penilaian tes tertulis pada akhir setiap sub tema dan penilaian UAS, penilaian lisan pada pembelajaran ketika membaca teks di buku siswa atau dari tugas siswa, sedangkan penugasan disesuaikan dengan buku tematik. Penilaian keterampilan hanya dilakukan pada pembelajaran yang berhubungan dengan keterampilan siswa seperti pembelajaran seni pada materi SBdP, keterampilan membaca, diskusi atau menyelesaikan tugas. Faktor pendukung keberhasilan implementasi penilaian autentik adalah kerja sama yang baik antar guru untuk saling membantu, selain itu juga buku guru yang dapat dijadikan pedoman penilaian dan pembelajaran. Faktor penghambat yang sering terjadi adalah masalah teknis pribadi yang masih terkendala, rumitnya format penilaian yang membutuhkan banyak waktu serta harus dilakukan secara bersamaan dengan pembelajaran tematik. Kata Kunci: Penilaian Autentik, Kurikulum 2013, Pembelajaran Tematik, Pendekatan Saintifik

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penilaian Autentik, Kurikulum 2013, Pembelajaran Tematik, Pendekatan Saintifik
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Unnamed user with email admin@repositori.staialanwar.ac.id
Date Deposited: 10 Aug 2023 15:29
Last Modified: 10 Aug 2023 18:28
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/164

Actions (login required)

View Item View Item