Murtadho, Ali (2020) PERBANDINGAN KONSEP AKHLAK DAN KONSEP BELAJAR DALAM KITAB TA’LĪM AL-MUTA’ALLIM KARYA SYEKH ZARNUJI DAN KITAB ADĀB AL-ʻĀLIM WA AL-MUTA’ALLIM KARYA KH HASYIM ASY’ARI. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-anwar.
Text
1_HALAMAN AWAL.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
Text
2_BAB I.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
Text
3_BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
3_BAB II.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
4_BAB III.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (864kB) |
|
Text
5_BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
6_BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (751kB) |
|
Text
7_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (607kB) |
|
Text
8_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
9_BIODATA PENULIS.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Murtadho, Ali. 2020. Perbandingan Konsep Akhlak Dan Konsep Belajar Dalam Kitab Ta‟līm al-muta‟allim Karya Syekh Zarnuji Dan Kitab Adāb al-ʻālim wa al�muta‟allim Karya KH Hasyim Asy‟ari. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang Rembang. Pembimbing Muhammad Jamil, Lc., M.Pd.I. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji konsep-konsep dalam dunia pendidikan Islam yang telah ditulis oleh ulama salafus saleh yang sekarang mungkin hanya tinggal sebuah wacana. Mengingat pentingnya karakter dan moral bangsa yang saat ini semakin merosot, demi tercapainya negara maju dan aman, maka penulis mencoba mengkaji kembali konsep-konsep dalam dunia pendidikan yang telah dicanangkan oleh Al-Zarnuji dalam kitabnya Ta‟līm al-muta‟allim dan KH. Hasyim Asy‟ari dalam kitabnya Adab Al-„Alim Wa Al-Muta„Allim. Penelitian ini mengkaji konsep akhlak dan konsep belajar yang ada di dalam kitab “‟Adab Al-„Alim Wa Al-Muta„Allim” karya KH. Muhammad Hasyim Asy‟ari dan kitab “Ta‟līm al-muta‟allim” karya Syekh Al-Zarnuji dengan cara dipetakan konsep-konsep yang dijelaskan oleh kedua ulama tersebut, kemudian membandingkan apakah kesamaan dan perbedaannya. Jenis penelitian ini adalah Library reseach (penelitian pustaka) dengan tujuan mengumpulkan data dan informasi. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan skunder. Teknik pengumpulan data menggunakan penelitian dokumen serta analisis data menggunakan content analysis. Dari hasil analisis mencakup (1) Tujuan pendidikan, (2) Tanggung jawab peserta didik (3) Profesionalitas guru (4) Alat-alat pendidikan (5) Evaluasi, dan (6) Lingkungan. Kata Kunci: Perbandingan, Konsep Akhlak, Konsep Belajar, ‟Adab Al-„Alim Wa Al-Muta„Allim, Ta‟līm al-muta‟allim
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perbandingan, Konsep Akhlak, Konsep Belajar, ‟Adab Al-„Alim Wa Al-Muta„Allim, Ta‟līm al-muta‟allim |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@repositori.staialanwar.ac.id |
Date Deposited: | 10 Aug 2023 15:30 |
Last Modified: | 10 Aug 2023 18:28 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/163 |
Actions (login required)
View Item |