METODE DAN STRATEGI GURU PADA PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI SISWA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN IPAS DI MI ISLAMIYAH SUNNATUNNUR SENORI TUBAN

Ni'mah, farrihatun (2024) METODE DAN STRATEGI GURU PADA PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI SISWA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN IPAS DI MI ISLAMIYAH SUNNATUNNUR SENORI TUBAN. skripsi thesis, STAI AL ANWAR SARANG REMBANG.

[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (892kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (958kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (725kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (843kB)
[img] Text
LAMPIRAN LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis dan menjelaskan metode dan strategi yang digunakan guru pada pembelajaran berdiferensiasi siswa kelas IV dalam pembelajaran IPAS di MI Islamiyah Sunnatunnur Senori Tuban. Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan subjek penelitian yaitu guru kelas IV dan siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah metode yang digunakan guru dalam pembelajaran IPAS adalah metode ceramah, eksperimen, diskusi dan tanya jawab, sedangkan strategi yang digunakan guru adalah strategi Problem Based Learning (PBL). Namun guru belum berhasil dalam mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi terutama dalam pembelajaran IPAS. Komponen dan tahapan dalam pembelajaran berdiferensiasi yang berupa berdiferensiasi konten, berdiferensiasi proses dan berdiferensiasi produk belum diimplementasikan dengan menyesuaikan kemampuan, bakat, minat dan gaya belajar masing-masing siswa. Hal ini disebabkan beberapa faktor, salah satu diantaranya guru belum memahami secara mendalam terkait pembelajaran berdiferensiasi dan cara mengimplementasikannya, selain itu banyaknya mata pelajaran yang harus diajarkan dalam sehari di MI menjadi salah satu faktor penghambat bagi guru untuk mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi, yang mana pembelajaran berdiferensiasi membutuhkan waktu yang banyak untuk pengimplementasiannya agar mendapatkan hasil yang maksimal dan sesuai dengan yang diharapkan.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Belajar
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Nur Atiyatin Zulfa Zulfa
Date Deposited: 06 Dec 2024 09:13
Last Modified: 06 Dec 2024 09:13
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1566

Actions (login required)

View Item View Item