Nur Atiyatin Zulfa, Zulfa (2024) KOLABORASI ORANG TUA DAN GURU DALAM GERAKAN LITERASI SAINS DAN DIGITAL SISWA KELAS VI SD ILAM UMAR HARUN SARANG REMBANG. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.
Text
HALAMAN AWAL.pdf Download (3MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
|
Text
CURRICULUM VITAE.pdf Download (2MB) |
|
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Zulfa, Nur Atiyatin. 2024. Kolaborasi Orang Tua dan Guru dalam Gerakan Literasi Sains dan Digital Siswa Kelas VI SD Islam Umar Harun Sarang Rembang, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing: Nely Rakhmawati Zaimah, S. Ag. Kolaborasi Orang Tua dan Guru merupakan metode yang diinovasikan Sekolah Islam Umar Harun menjadi sebuah kesepakatan antara guru dan orang tua setiap memasuki awal tahun ajaran baru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kolaborasi antara orang tua dan guru dalam pelaksanaan kegiatan literasi sains dan digital siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan orang tua siswa kelas VI SD Islam Umar Harun. Objeknya adalah bentuk kolaborasi orang tua dan guru dalam gerakan literasi sains dan digital siswa kelas VI. Teknik pengumpulan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis menggunakan analisis data kualitatif berupa reduksi data, penyajan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program yang telah dilakukan dalam kolaborasi orang tua dan guru di SD Islam Umar Harun, di antaranya: parenting, komunikasi yang terjalin, mengikuti volunteer atau relawan dalam kegiatan sekolah, terlibat dalam proses pembelajaran anak, dan berkolaborasi dengan kelompok masyarakat. Penelitian ini akan membantu para orang tua memahami bahwa peran aktif dalam mendukung pendidikan anak merupakan hal yang sangat penting. Adapun peran ini dapat dilakukan dengan berbagai kegiatan kerja sama antara orang tua dan guru yang lebih efektif untuk memahami kebutuhan dan perkembangan belajar anak, terutama dalam literasi sains dan digital. Kata Kunci : Kolaborasi Orang Tua dan Guru, Literasi Sains dan Digital.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Sintia Alfiani |
Date Deposited: | 26 Sep 2024 04:40 |
Last Modified: | 26 Sep 2024 04:40 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1487 |
Actions (login required)
View Item |