Nur Fitriani, Jannatu (2024) Hambatan dan Tantangan Sekolah Dalam Menghadapi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) MIS Al-Fattah Juwana Pati. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.
Text
HALAMAN AWAL.pdf Download (6MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
|
Text
LAMPIRAN LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Fitriani, Jannatu Nur. 2024. Hambatan dan Tantangan Sekolah dalam Menghadapi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) MIS Al-Fattah Juwana Pati. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar. Pembimbing: Burhanudin Mustofa, M.Pd. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pergantian sistem pendidikan Di Indonesia menjadi Kurikulum Merdeka. Dengan hal itu, maka sistem penilaian juga diganti yang semula adalah Ujian Nasional menjadi Asesmen Nasional yang sekarang menjadi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana hambatan dan tantangan yang dihadapi sekolah dalam pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Metode penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yaitu kepala sekolah, tenaga pendidik, siswa, proktor/teknisi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu: Pertama hambatan teknis yaitu: 1) infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK); 2) sistem manajemen ujian seperti jaringan internet yang trouble dan kegagalan server dari pusat; 3) sarana prasarana. Kedua, hambatan non teknis meliputi: 1) Kurang siapnya siswa dalam perubahan format ANBK; 2) Kesiapan mental, fisik dan akademik siswa; 3) Ketidaksetaraan akses antar siswa. Sedangkan pada kesiapan guru dalam mengajar sesuai dengan ANBK di sekolah MIS Al-Fattah sudah tidak memiliki kendala. Selain memiliki hambatan, sekolah juga memiliki tantangan seperti: 1) Menyiapkan sarana dan prasarana yang mendukung; 2) Menyiapkan siswa dalam memahami bacaan dan numerasi melalui membaca buku pelajaran dan quiz; 3) Melakukan kegiatan asesmen kelas secara berkelanjutan; 4) Guru melakukan identifikasi soal melalui internet, buku paket dan soal pada tahun sebelumnya; 5) Guru memahami materi yang sesuai dengan ANBK; 6) Melakukan kegiatan pelatihan terhadap siswa yang belum cakap menggunakan komputer; 7) Melakukan kegiatan simulasi ANBK; 8) Melakukan kegiatan sosialisasi terhadap peserta didik dan orang tua/wali. Kata Kunci: Hambatan, Tantangan, Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK), MIS Al-Fattah Juwana Pati
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Kebijakan Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Jannatu Nur Fitriani |
Date Deposited: | 16 Sep 2024 07:00 |
Last Modified: | 16 Sep 2024 07:00 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1443 |
Actions (login required)
View Item |