Nur Hidayah, Fitria (2024) KESEPADANAN TERJEMAH DALAM TAFSIR AL-BAYAN FI MA'RIFATIMA'ANI AL-QUR'AN KARYA KH. HAMZAH SHODIQ (STUDI ANALISIS QS. AL-MULK). skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.
Text
BAGIAN AWAL.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (336kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (324kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (397kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (597kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (285kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (250kB) |
|
Text
CURRICULUM VITAE.pdf Download (181kB) |
Abstract
Al-Qur’an diturunkan dengan menggunakan bahasa Arab. Namun, tidak semua pembacanya memahami bahasa Arab sehingga perlu adanya terjemah untuk dapat memahami isi kandungan dari al-Qur’an. Penelitian ini mengkaji kesepadanan terjemah dalam kitab Tafsīr Al-Bayān Fī Ma’rifati Ma’āni Al-Qur`ān Karya KH. Shodiq Hamzah (Studi Analisis QS. Al-Mulk) dengan menggunakan teori terjemah Mona Baker tentang kesepadanan terjemah. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode analisis deskriptif dan termasuk penelitian kepustakaan (library research). Melalui teori terjemah Mona Baker, penilitian ini membentuk hasil penelitian yang berupa ditemukannya kesepadanan terjemah pada surah al-Mulk ayat 1-3 sebagai sample seperti, kesepadanan level kata, kesepadanan di atas level kata, dan kesepadanan gramatikal. Penulis tidak menemukan kesepadanan tekstual pragmatik karena pada dasarnya dalam Tafsīr Al-Bayān Fī Ma’rifati Ma’āni Al�Qur`ān KH. Shodiq Hamzah menerjemahkan menggunakan metode kata per kata berupa makna gandul aksara pegon Jawa
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Al-Qur’an dan Tafsir > Metode Tafsir |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al Quran dan Tafsir (IAT) |
Depositing User: | Nadia Nadia Sanias A Nadia |
Date Deposited: | 16 Sep 2024 06:03 |
Last Modified: | 16 Sep 2024 06:37 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1442 |
Actions (login required)
View Item |