KONSEP BELAJAR DAN PEMBELAJARAN MENURUT IMAM AL-GHAZALI DI DALAM KITAB IḤYĀ’ ‘ULUMIDDĪN SERTA RELEVANSINYA TERHADAP PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

M Iqbal Jalaluddin, iqbal (0008) KONSEP BELAJAR DAN PEMBELAJARAN MENURUT IMAM AL-GHAZALI DI DALAM KITAB IḤYĀ’ ‘ULUMIDDĪN SERTA RELEVANSINYA TERHADAP PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA. skripsi thesis, STAI AL ANWAR SARANG REMBANG.

[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (676kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (633kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (577kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (550kB)
[img] Text
CURRICULUM VITAE.pdf

Download (510kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep belajar dan pembelajaran menurut Imam al-Ghazali yang terdapat di dalam kitab Iḥyā’ ‘Ulumiddīn serta relevansinya terhadap projek penguatan profil pelajar pancasila. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kepustakaan (library research) dengan desain deskriptif. Sumber data primer penelitian ini adalah kitab Iḥyā’ ‘Ulumiddīn karya Imam al-Ghazali sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah kitab Ayyuhā alWalad, dan buku Kurikulum Merdeka karya E. Mulyasa, Implementasi Kurikulum Merdeka, dan buku atau jurnal penelitian lainya. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwasanya konsep belajar dan pembelajaran menurut Imam al-Ghazali antara lain: membersihkan hati dari sifat tercela, mengurangi ketergantungan dan kesibukan terhadap duniawi, bersikap rendah hati, menjaga diri dari pertikaian dan perdebatan dengan orang lain, berdiskusi atau bermusyawarah dalam memecahkan sebuah persoalan, mempelajari semua cabang ilmu, fokus dan konsisten terhadap satu ilmu dalam pembelajaran, mengetahui urgensi sebuah ilmu yang dipelajari, merupakan suatu tahapan perubahan tingkah laku seseorang baik dari segi kognitif, afektif maupun psikomotorik yang bersifat relatif dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada relevansi antara konsep belajar dan pembelajaran dalam kitab Iḥyā’ ‘Ulumiddīn karya Imam al-Ghazali dengan P5. Antara lain beriman bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis dan kreatif. Kata Kunci. Konsep Belajar dan Pembelajaran, Imam al-Ghazali, Iḥyā’ ‘Ulumiddīn, P5.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Kurikulum
Depositing User: M Iqbal Jalaluddin Nurul Viki
Date Deposited: 08 Sep 2024 07:21
Last Modified: 08 Sep 2024 07:21
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1415

Actions (login required)

View Item View Item