PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) TEMA KEARIFAN LOKAL DALAM MENGEMBANGKAN DIMENSI KREATIF SISWA DI SDIT UMAR BIN KHATHAB JUWANA PATI

Luthfiyyah, Umi Zamzamilatul (2024) PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) TEMA KEARIFAN LOKAL DALAM MENGEMBANGKAN DIMENSI KREATIF SISWA DI SDIT UMAR BIN KHATHAB JUWANA PATI. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.

[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (366kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (727kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (283kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (347kB)
[img] Text
CURRICULUM VITAE.pdf

Download (319kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Batik adalah salah satu seni warisan Indonesia yang mencerminkan nilai kreativitas dan telah diwariskan dari generasi ke generasi. Namun, pelestarian batik, seperti Batik Bakaran di daerah Juwana, semakin menurun. Di beberapa kalangan masyarakat, termasuk siswa di SDIT Umar Bin Khattab Juwana, kearifan lokal Batik Bakaran kurang dikenal. Dalam upaya melestarikan dan mengenalkan kearifan lokal ini, SDIT Umar Bin Khattab menjadikan Batik Bakaran sebagai projek dalam pembelajaran projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) untuk mengembangkan kreativitas siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan P5 dengan tema kearifan lokal di SDIT tersebut dan bagaimana projek ini mengembangkan dimensi kreatif siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dari kepala sekolah, guru, dan siswa kelas IV Ar�Razi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa projek penguatan profil pelajar Pancasila dengan tema kearifan lokal berhasil mengembangkan kreativitas siswa melalui beberapa tahapan: pengenalan, kontekstualisasi, aksi, dan refleksi. Siswa diajak mengenal Batik Bakaran, mempelajari proses pembuatannya, dan akhirnya mengembangkan kreativitas mereka dengan membuat desain batik yang unik, serta mempromosikannya melalui pameran. Projek ini tidak hanya meningkatkan kreativitas tetapi juga membantu melestarikan kearifan lokal di daerah mereka. Kata Kunci: Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Kearifan Lokal, Dimensi Kreatif.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Umi Zamzamilatul Luthfiyyah
Date Deposited: 05 Sep 2024 04:24
Last Modified: 05 Sep 2024 04:24
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1407

Actions (login required)

View Item View Item