Mahmudah, Izzatul (2024) PERAN KEPALA SEKOLAH DAN GURU PADA PELAKSANAAN BUDAYA SEKOLAH ISLAMI DALAM MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SD ISLAM SULTAN AGUNG 4 SEMARANG. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.
Text
BAGIAN AWAL.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (972kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (715kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (813kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (794kB) |
|
Text
CURRICULUM VITAE.pdf Download (689kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah sebagai pemimpin (leader) dan guru sebagai motivator pada pelaksanaan budaya sekolah islami dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia di SD Islam Sultan Agung 4 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas II dan IV SD Islam Sultan Agung 4 Semarang. Objek dalam penelitian ini adalah peran kepala sekolah dan guru pada pelaksanaan budaya sekolah islami (BUSI) dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila. Teknik pengumpulan data meliputi teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan datanya menggunakan triangulasi teknik. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif model Miles dan Huberman meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kepala sekolah telah menjalankan perannya sebagai pemimpin (leader) dengan baik, yaitu dengan menggerakkan, membimbing, melindungi, membina, memberi teladan, dorongan, dan bantuan kepada warga sekolah pada pelaksanaan program BUSI dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila di SD Islam Sultan Agung 4 Semarang. Guru di SD Islam Sultan Agung 4 Semarang juga telah melaksanakan perannya sebagai motivator pada pelaksanaan program BUSI dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila di SD Islam Sultan Agung 4 Semarang dengan memberikan apresiasi (reward) kepada siswa yang menaati peraturan, memberikan sanksi kepada siswa yang melanggar peraturan, mengadakan kompetisi untuk meningkatkan kualitas siswa, melakukan evaluasi, membentuk kebiasaan yang baik bagi siswa, dan membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar. Adapun kurangnya komitmen guru terhadap peraturan BUSI karena kurangnya pemahaman terkait program BUSI bagi guru-guru baru, tidak adanya punishment bagi guru yang melanggar peraturan BUSI, dan kurang maksimalnya pelatihan dan sosialisasi terkait program BUSI bagi warga sekolah.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Pendidikan Islam Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Sekolah Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Izzatul Mahmudah |
Date Deposited: | 26 Aug 2024 02:56 |
Last Modified: | 26 Aug 2024 02:56 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1386 |
Actions (login required)
View Item |