amaliyah, umamah (2024) METODE DEMONSTRASI PAGA KEGIATAN RABU LITERASI DALAM MEMBENTUK KONSENTRASI BELAJAR SISWA KELAS 4 SDLB NEGERI SEMARANG. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Rembang.
Text
BAGIAN AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (826kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (903kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (818kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text
CURRICULUM VITAE.pdf Restricted to Registered users only Download (403kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Amaliyah, Umamah. 2024. Metode Demonstrasi Pada Kegiatan Rabu Literasi dalam Membentuk Konsentrasi Belajar Siswa kelas 4 Tunagrahita SDLB Negeri Semarang, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing: Herman Khunaivi, M.Pd. Kegiatan Rabu Literasi merupakan suatu kegiatan pelaksanaan gerakan literasi di sekolah yang kemudian diinovasikan SLB Negeri Semarang menjadi sebuah kegiatan tetap pada Hari Rabu pagi sebelum memulai kegiatan belajar di setiap kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode demonstrasi pada kegiatan Rabu Literasi dan mendeskripsikan metode demonstrasi pada kegiatan Rabu Literasi dalam membentuk konsentrasi belajar siswa tunagrahita. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif desain deskriptif. Subjek utama adalah guru pemateri kegiatan Rabu Literasi dan siswa kelas 4 tunagrahita. Subjek pendukung adalah guru kelas 4 SDLB Negeri Semarang. Objek dalam penelitian ini adalah metode demonstrasi pada kegiatan rabu literasi dan konsentrasi belajar siswa tunagrahita. Teknik pengumpulan data meliputi; observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis menggunakan analisis data kualitatif berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan metode demonstrasi pada kegiatan Rabu Literasi terlaksana sesuai sintaks metode demonstrasi yaitu persiapan guru, pelaksanaan kegiatan demonstrasi setiap tema kegiatan, dan evaluasi. Metode demonstrasi pada kegiatan Rabu Literasi guru dalam membentuk konsentrasi belajar siswa tunagrahita ditinjau melalui perilaku belajar siswa pada aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotrik. Lingkungan belajar dan alokasi waktu kegiatan menjadi bagian tambahan dalam membentuk konsentrasi belajar siswa tungrahita pada saat kegiatan Rabu Literasi berlangsung. Kata Kunci: Metode Demonstrasi, Kegiatan Rabu Literasi, Konsentrasi Belajar, Siswa Tunagrahita.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Umamah Amaliyah JS |
Date Deposited: | 24 Aug 2024 02:55 |
Last Modified: | 24 Aug 2024 02:55 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1339 |
Actions (login required)
View Item |