Sa'diyah, Lailatus (2024) PROGRAM ADIWIYATA MADRASAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DAN TANGGUNG JAWAB DI MI NEGERI 1 REMBANG. skripsi thesis, STAI AL ANWAR.
Text
BAGIAN AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (298kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (476kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (225kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (193kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (264kB) |
|
Text
CURRICULUM VITAE.pdf Download (198kB) |
Abstract
Program Adiwiyata merupakan program khusus yang dibuat pemerintah yang berfokus pada kepedulian lingkungan dan diterapkan pada Sekolah Dasar serta Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan Program Adiwiyata Madrasah dalam Membentuk Karakter Peduli Lingkungan dan Tanggung Jawab di MI Negeri 1 Rembang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini, yaitu: (1) Kepala Madrasah, (2) Guru Pengampu Program Adiwiyata, (3) Siswa kelas V, (4) Orang Tua, (5) Pedagang di Sekolah, dan (6) Tukang Kebun. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data yang digunakan yaitu: triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis menggunakan analisis data yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Program Adiwiyata dalam membentuk karakter peduli lingkungan dan tanggung jawab di MI Negeri 1 Rembang telah terlaksana dengan baik sesuai visi dan misi madrasah, madrasah telah mengupayakan berbagai kegiatan interaktif untuk membentuk karakter peduli lingkungan pada siswa seperti: kegiatan jumat bersih, membawa kotak makan dan botol minum sendiri, membawa pupuk kompos, dan sebagainya. Selain karakter peduli lingkungan, madrasah juga mengupayakan kegiatan lain yang mendukung pembetukan karakter tanggung jawab seperti: piket kelas,penyediaan tempat sampah sesuai jenisnya, dan sebagainya. Namun, pada pelaksanaan Program Adiwiyata tidak terlepas dari faktor pendukung seperti: Sarana prasarana yang baik dan memadai, dukungan dari warga sekolah dan orang tua. Selain faktor-faktor pendukung, terdapat pula penghambat, seperti tanggung jawab dan kesadaran seluruh komunitas sekolah termasuk tenaga pendidik, siswa, petugas kebersihan, dan pedagang terhadap pelaksanaan Program Adiwiyata, serta konsistensi dalam pelaksanaannya.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Kebijakan Pendidikan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Madrasah Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Sekolah Negeri |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Lailatus Sa'diyah |
Date Deposited: | 24 Aug 2024 02:52 |
Last Modified: | 24 Aug 2024 02:52 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1337 |
Actions (login required)
View Item |