Nafi'ah, Aliya Fitriana (2024) Analisis Metode Komunikasi Total pada Pelaksanaan Pembelajaran PAI terhadap Kemampuan Menulis Huruf Hijaiyah Siswa Tunarungu Kelas 3.1 di SLB Negeri Semarang. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang.
Text
BAGIAN AWAL.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (941kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (782kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (690kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (705kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketidakmampuan siswa tunarungu dalam mendengar bunyi dengan sempurna yang menjadikan mereka sedikit kesulitan menerima materi tentang pengenalan huruf hijaiyah yang mana huruf hijaiyah berbeda dengan huruf latin. Hal ini juga membuat anak-anak mengalami kesulitan dalam mengingat bentuk huruf hijaiyah tersebut. Maka, seorang guru perlu memilih metode yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi siswa tunarungu. Penelitian ini berfokus pada metode komunikasi total yang digunakan pada pembelajaran PAI. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana proses metode komunikasi total pada pelaksanaan pembelajaran PAI terhadap kemampuan menulis huruf hijaiyah siswa tunarungu kelas 3.1 serta untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran PAI dengan metode komunikasi total terhadap kemampuan menulis huruf hijaiyah siswa tunarungu kelas 3.1. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru PAI dan guru kelas 3.1 tunarungu. Objek penelitian ini berkaitan dengan metode pembelajaran yang digunakan guru PAI yaitu metode komunikasi total padapembelajaran PAI meteri menulis huruf hijaiyah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PAI menggunakan metode komunikasi total pada materi menulis huruf hijaiyah terlaksana dengan baik. Siswa mampu menulis huruf hijaiyah baik secara terpisah atau bersambung beserta harakatnya meskipun dengan melihat contoh atau menyalin. Adapun faktor pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran PAI dengan metode komunikasi total terhadap kemampuan menulis huruf hijaiyah siswa tunarungu yaitu guru menguasai materi PAI, adanya pedoman dan sumber belajar, konsentrasi dan semangat siswa, dan dukungan dari orang tua siswa. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu minimnya alokasi waktu pembelajaran PAI, pembiasaan belajar menulis yang belum maksimal, dan kondisi siswa yang berbeda-beda dalam menerima materi.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Aliya Fitriana |
Date Deposited: | 24 Aug 2024 02:38 |
Last Modified: | 24 Aug 2024 02:38 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1334 |
Actions (login required)
View Item |