Hasanah, Ilminah (2024) PEMANFAATAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL GURU PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SDIT AVICENNA LASEM. skripsi thesis, STAI Al Anwar Sarang Rembang.
Text
BAGIAN AWAL.pdf Download (6MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (345kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (429kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (299kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (806kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (245kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (291kB) |
|
Text
CURRICULUM VITAE.pdf Restricted to Registered users only Download (174kB) |
|
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Hasanah, Ilminah. 2024. Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar dalam Mengembangkan Kemampuan Literasi Digital Guru pada Implementasi Kurikulum Merdeka di SDIT Avicenna Lasem. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang Rembang. Pembimbing: Zainal Arifin, S.S., M.Pd. Platform Merdeka Mengajar (PMM) adalah platform edukasi berbasis digital yang disediakan oleh Kemendikbudristek dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka. PMM didesain untuk menumbuhkan pengetahuan dan kompetensi guru secara mandiri. Platform ini juga bisa menjadi salah satu media yang penting untuk membantu dalam pengembangan keterampilan digital guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan PMM dalam mengembangkan kemampuan literasi digital guru pada implementasi Kurikulum Merdeka di SDIT Avicenna Lasem. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini, yaitu kepala sekolah dan guru yang mengakses PMM. Teknik pengumpulan data meliputi teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan PMM belum maksimal dalam mengembangkan kemampuan literasi digital guru pada implementasi Kurikulum Merdeka di SDIT Avicenna Lasem. Guru SDIT Avicenna Lasem belum secara detail memahami apa yang ada di PMM. Masih ada beberapa fitur di PMM yang belum dipahami sama sekali oleh guru karena belum dimanfaatkan untuk mengembangkan literasi digital demi mendukung implementasi Kurikulum Merdeka. Guru SDIT Avicenna Lasem baru memanfaatkan fitur “Pelatihan Mandiri”, “Kurikulum Merdeka” dan fitur terbaru “Pengelolaan Kinerja”. Kurang optimalnya pemahaman dan pemanfaatan PMM di sekolah swasta ini terdapat beberapa alasan, yaitu:(1) belum adanya program khusus dari sekolah untuk menunjang pemahaman dan pemanfaatan PMM,(2) pemanfaatan PMM masih dilakukan secara mandiri oleh guru, karena sifatnya masih anjuran atau saran, bukan kewajiban, (3) tidak semua guru mempunyai akun belajar.id, sebab belum terpenuhinya syarat untuk mendapatkan akun, (4) tidak adanya reward bagi guru yang mengakses atau punishment bagi guru yang tidak mengakses. Semuanya kembali ke pribadi masing-masing guru, sehingga guru harus mempunyai kesadaran dan kemauan sendiri untuk mengakses PMM guna mengembangkan kemampuan literasi digital pada implementasi Kurikulum Merdeka. Kata Kunci : Platform Merdeka Mengajar (PMM), Kemampuan Literasi Digital, Kurikulum Merdeka.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > BV Practical Theology Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Ilminah Hasanah |
Date Deposited: | 22 Aug 2024 07:38 |
Last Modified: | 22 Aug 2024 07:38 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1317 |
Actions (login required)
View Item |