MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA DALAM MEMBENTUK KARAKTER KREATIF DAN MANDIRI SISWA KELAS V B MI RIYADLOTUT THALABAH SEDAN

Adawiyah, Dewi Muadzatul (2024) MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA DALAM MEMBENTUK KARAKTER KREATIF DAN MANDIRI SISWA KELAS V B MI RIYADLOTUT THALABAH SEDAN. skripsi thesis, STAI AL-ANWAR Sarang Rembang.

[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (313kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB) | Request a copy
[img] Text
CURRICULUM VITAE.pdf

Download (164kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (829kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (228kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (333kB)
[img] Text
CURRICULUM VITAE.pdf

Download (164kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB) | Request a copy

Abstract

Adawiyah, Dewi Muadzatul. 2024. Model Project Based Learning pada Pelaksanaan Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya dalam Membentuk Karakter Kreatif dan Mandiri Siswa Kelas V B MI Riyadlotut Thalabah Sedan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar. Pembimbing: Syamsul Hadi, M.Pd. Project Based Learning (PjBL) pada pelaksanaan pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) adalah pendekatan yang berbasis proyek, siswa diharapkan mampu menyelesaikan proyek secara individu maupun dalam kelompok. Tujuan dari model pembelajaran ini adalah untuk meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam belajar, meningkatkan kreativitas, memupuk kemandirian, dan membangun rasa tanggung jawab. Model pembelajaran ini sangat sesuai jika dikolaborasikan dengan pembelajaran SBdP dalam membentuk karakter kreatif dan mandiri siswa, oleh karena itu, penting bagi guru untuk memahami secara mendalam penerapan model pembelajaran yang berbasis proyek. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis PjBL pada pelaksanaan pembelajaran SBdP dalam membentuk karakter kreatif dan mandiri siswa kelas V B MI Riyadlotut Thalabah Sedan. Metode penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data primer pada penelitian ini berasal dari guru dan siswa kelas V B, sedangkan sumber data sekunder berasal dari buku terkait pembentukan karakter siswa. Teknik dalam pengumpulan data yaitu melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti memilih uji keabsahan data triangulasi teknik. Adapun teknik analisis yang digunakan berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran SBdP yang telah dikolaborasikan dengan model PjBL dapat menumbuhkan karakter kreatif dan mandiri siswa kelas V B MI Riyadlotut Thalabah Sedan. Hal ini terlihat saat proses pembelajaran berlangsung, siswa dapat mencapai indikator kreatif seperti memiliki rasa ingin tahu yang besar, memiliki rasa humor yang tinggi dan senang mencoba hal-hal yang baru, juga terlihat dari indikator kreatif mandiri memiliki inisiatif yang tinggi, dan dapat mengerjakan tugasnya sendiri tanpa bantuan orang lain. Kata Kunci: Project Based Learning, Seni Budaya dan Prakarya, Karakter Kreatif dan Mandiri Siswa

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran
Depositing User: Dewi Muadzatul Adawiyah
Date Deposited: 22 Aug 2024 02:41
Last Modified: 22 Aug 2024 02:41
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1296

Actions (login required)

View Item View Item