KESIAPAN SEKOLAH DAN GURU KELAS DALAM PEMBELAJARAN MAPEL P5 PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SDIT KHADIJAH JAKENAN PATI

Ulyazakiyah, Lu`lu`ah (2024) KESIAPAN SEKOLAH DAN GURU KELAS DALAM PEMBELAJARAN MAPEL P5 PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SDIT KHADIJAH JAKENAN PATI. skripsi thesis, STAI Al Anwar Sarang Rembang.

[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (796kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (826kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (507kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (639kB)
[img] Text
CURRICULUM VITAE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Ulyazakiyah, Lu`lu`ah. 2024. Kesiapan Sekolah dan Guru Kelas dalam Pembelajaran Mapel P5 pada Implementasi Kurikulum Merdeka di SDIT Khadijah Jakenan Pati. Skripsi Program Studi Guru Madrasah Ibtidaiah Sekolah Tinggi Agama Islam Al- Anwar Sarang. Dosen Pembimbing: Nely Rahmawati Zaimah, M.Pd.I. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kebijakan untuk implementasi kurikulum baru, yaitu Kurikulum Merdeka. Kurikulum Merdeka memiliki tujuan untuk membentuk jiwa pancasila bagi setiap peserta didik melalui P5. Implementasi tersebut tentu memerlukan kesiapan baik dari sekolah maupun guru. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini ialah guru kelas I, II, dan IV pada mapel P5. Teknik yang dilakukan dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian Secara keseluruhan, SDIT Khadijah sudah siap untuk melaksanakan Implementasi Kurikulum Merdeka dan melaksanakan pembelajaran P5. SDIT Khadijah juga telah menyiapkan sarana prasarana yang masih layak dan dalam kondisi terawat sehingga dapat digunakan sebagai penunjang kesiapan guru dalam melaksanakan pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Para guru telah memahami Kurikulum Merdeka dan Pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, mampu melaksanakan proses pembelajaran namun belum sesuai, telah memanfaatkan sumber belajar dengan baik dan memiliki keantusiasan yang tinggi dalam memahami Implementasi Kurikulum Merdeka dan Pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila meskipun belum maksimal. Seluruh guru di SDIT Khadijah Jakenan Pati tergolong sehat jasmani dan rohani dan tidak memiliki riwayat penyakit apapun. Seluruh guru juga memiliki minat dan motivasi dalam melaksanakan pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang sesuai dengan karakteristik Kurikulum Merdeka. Kata kunci: Kesiapan Guru, Mapel P5, Kurikulum Merdeka.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > BV Practical Theology
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Lu`lu`ah Ulyazakiyah
Date Deposited: 21 Aug 2024 07:51
Last Modified: 21 Aug 2024 07:51
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1283

Actions (login required)

View Item View Item