Dewi Ayu, Fatma Amalia (2024) Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Membentuk Self-Efficacy Siswa Kelas IV di MINU Unggulan Wali Songo Sumberrejo Bojonegoro. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.
Text
BAGIAN AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (628kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (939kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (629kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (422kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (524kB) |
|
Text
CURRICULUM VITAE.pdf Restricted to Registered users only Download (372kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya dampak positif yang terlihat dalam diri siswa ketika siswa berhasil menyelesaikan sebuah tugas atau tantangan dalam pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila. Siswa menjadi yakin terhadap kemampuan yang dimilikinya, sehingga siswa lebih berusaha dan tekun untuk menyelesaikan berbagai tantangan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan aktivitas projek penguatan profil pelajar Pancasila dalam membentuk selfefficacy siswa di kelas IV MINU Unggulan Wali Songo dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhinya, baik faktor pendukung maupun penghambat. Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru, siswa kelas IV, serta kepala sekolah MINU Unggulan Wali Songo. Teknik pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa projek penguatan profil pelajar Pancasila dapat membentuk self-efficacy siswa kelas IV di MINU Unggulan Wali Songo melalui tahapan-tahapan dalam pelaksanaan aktivitas projek. Adapun faktor pendukungnya yaitu peran guru, pengalaman keberhasilan siswa maupun orang lain, serta kondisi emosi siswa selama pelaksanaan projek. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya waktu dalam pelaksanaan projek, kurangnya pemahaman guru tentang alur pelaksanaan projek, serta belum adanya refleksi secara konsisten dan tindak lanjut projek yang dapat membantu siswa memahami kemampuan pada dirinya dan meningkatkan self-efficacy siswa. Kata Kunci: Implementasi Kurikulum Merdeka, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Self-Efficacy
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Kurikulum Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Madrasah Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Belajar Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Dewi Ayu Fatma Amalia |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 04:22 |
Last Modified: | 14 Aug 2024 04:22 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1200 |
Actions (login required)
View Item |