MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERBASIS GAMIFIKASI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM MEMBENTUK KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS KELAS IV DI MI RIYADLOTUT THALABAH SEDAN

qattrunnada zukhruf jianida, ayu (2024) MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERBASIS GAMIFIKASI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM MEMBENTUK KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS KELAS IV DI MI RIYADLOTUT THALABAH SEDAN. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.

[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
CURRICULUM VITAE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kemampuan berpikir kritis siswa sangat diperlukan untuk memahami dan memecahakan masalah untuk diselesaikan. Salah satu model pembelajaran yang sesuai untuk membentuk kemampuan berpikir kritis siswa yakni model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbasis gamifikasi. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk menganalisis gamifikasi pada proses pembelajaran Project Based Learning (PjBL) siswa kelas IV di MI Riyadlotut Thalabah Sedan (2) Untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis yang terbentuk dari proses model Project Based Learning (PjBL) berbasis gamifikasi siswa kelas IV di MI Riyadlotut Thalabah Sedan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data meliputi teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan datanya menggunakan triangulasi teknik. Sedangkan teknik analisis data menggunakan metode analisis data kualitatif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Guru menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbasis gamifikasi sesuai dengan sintaks pembelajaran. Dalam penelitian ini gamifikasi merupakan sebuah proyek yang dalam model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Selain itu, kemampuan berpikir kritis siswa yang terbentuk pada peserta didik kelas IV meliputi; memberikan penjelasan sederhana, memberikan penjelasan lanjut, membangun kemampuan dasar, mengatur strategi dan taktik, dan menyimpulkan.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: ayu qattrunnada zukhruf jianida
Date Deposited: 14 Jul 2024 02:01
Last Modified: 14 Jul 2024 02:01
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1189

Actions (login required)

View Item View Item