Anifah, Ro'idhatul (2024) ANALISIS GURU PENGGERAK DALAM PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH PENGGERAK SD IT PERMATA BUNDA. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.
Text
HALAMAN AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (722kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (905kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (661kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Download (498kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (655kB) |
|
Text
CURRICULUM VITAE.pdf Download (632kB) |
|
Text
LAMPIRAN-LAPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Anifah, Ro’idhatul. 2024. Analisis Guru Penggerak Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesa di Sekolah Penggerak SD IT Permata Bunda Demak. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang Rembang. Pembimbing: Syarifatul Fitri Hidayah, M. Pd. Penelitian ini bertujuan untuk memahami implementasi dan faktor penghambat guru penggerak dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Penggerak SD IT Permata Bunda Demak. Menggunakan metode deskriptif kualitatif, subjek penelitian melibatkan guru penggerak yang mengajar kelas IIB dan kelas VD. Data dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara dengan guru, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru penggerak melakukan diferensiasi konten dengan Guru merancang pembelajaran berdasarkan hasil asesmen diagnostik peserta didik dan modul ajar. Diferensiasi proses yang dilakukan oleh guru penggerak yaitu Materi disampaikan sesuai dengan kondisi peserta didik, menggunakan bahan ajar dan asesmen yang bervariasi untuk mencapai tujuan yang sama dengan metode berbeda. Guru membebaskan peserta didik untuk berkreasi dalam diferensiasi produk, sesuai dengan materi ajar yang sedang dipelajari. Setelah pembelajaran selesai guru penggerak melakukan evaluasi dan refleksi untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik terhadap materi yang telah diajarkan. Faktor penghambat dalam tahap (1) Diferensiasi konten yaitu guru perlu untuk memahami peserta didik sesuai dengan karakter peserta didik. (2) Diferensiasi proses yaitu berkaitan dengan sarana prasarana penunjang pembelajaran yang cukup lengkap, meskipun tidak semua kelas terdapat fasilitas yang lengkap dan keterbatasan waktu. (3) Diferensiasi produk adalah ketika penilaian peserta didik tidak teratur, hal itu mengganggu jadwal yang telah ditetapkan dan mempengaruhi pembelajaran berbasis kebutuhan. Penelitian ini menegaskan pentingnya guru penggerak memahami pembelajaran berdiferensiasi dan perlunya pendekatan holistik serta berkelanjutan dalam mengembangkan keterampilan guru dan kesadaran akan kebutuhan belajar individual peserta didik. Kata Kunci: Guru Penggerak, Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Pembelajaran Berdiferensiasi, Sekolah Penggerak
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Bahan Ajar Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Belajar Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Mengajar Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Ro'idhatul Anifah |
Date Deposited: | 08 Jul 2024 04:28 |
Last Modified: | 08 Jul 2024 04:28 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1164 |
Actions (login required)
View Item |