Silvia, Nuraeni (2024) STRATEGI GURU PADA PEMBELAJARAN BERBASIS INQUIRY PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA KELAS IV DI MI AN NASHRIYAH LASEM. skripsi thesis, STAI AL-ANWAR SARANG REMBANG.
Text
HALAMAN AWAL.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (600kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (664kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (604kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (732kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Download (573kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (580kB) |
|
Text
CURRICULUM VITAE.pdf Restricted to Registered users only Download (507kB) | Request a copy |
|
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Nuraeni, Silvia. 2024. Strategi Guru pada Pembelajaran Berbasis Inquiry pada Mata Pelajaran Matematika dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Kelas IV di MI An Nashriyah Lasem. Skripsi Program Guru Madrasah Ibtidaiah Sekolah Tinggi Agama Islam Al- Anwar Sarang. Pembimbing: Intan Aulia Rahmawati, M.Pd. Strategi pembelajaran merupakan cara yang dipilih untuk menyampaikan materi pelajaran. Pembelajaran inquiry merupakan pembelajaran berpusat pada siswa, agar siswa dapat mencari dan menemukan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan guru saat mengajar menggunakan pembelajaran berbasis inquiry pada mata pelajaran matematika dalam implementasi kurikulum merdeka kelas IV di MI An Nashriyah Lasem. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis deskriptif-analisis. Subjek penelitian adalah guru kelas IV A dan IV B dan siswa, objeknya adalah strategi guru pada pembelajaran berbasis inquiry. Teknik pengumpulan data meliputi teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan strategi yang digunakan yaitu mengaitkan matematika dalam kehidupan sehari-hari, mengapresiasi hasil belajar dan tidak menganggap semua jawaban salah. Guru tidak memaksa siswa untuk suka dengan matematika karena dalam implementasi KURMER guru memberikan kebebasan untuk memilih minat dan potensi yang dimiliki. Strategi yang dilakukan guru menunjukkan bahwa kedua guru menerapkan berbagai strategi dalam pembelajaran, untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan yang dimiliki siswa. Guru kelas IV A dan B dalam menerapkan pembelajaran berbasis inquiry juga melalui berbagai macam lanngkah seperti, tahap orientasi, merumuskan masalah, hingga merusmukan kesimpulan. Terdapat kendala dalam menerapkannya terkait pemahaman siswa dan keberanian siswa dalam bertanya pada guru. Terdapat pula hambatan dan tantangan guru saat mengajar yaitu kurangnya perhatian siswa saat guru sedang menjelaskan materi, dan masih terdapat siswa yang kesulitan terkait bahasa yang diberikan, terutama dalam memahami soal cerita. Kata Kunci: Strategi, Inquiry, Kurikulum Merdeka.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Kurikulum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Anjelina alqaut syari'ah |
Date Deposited: | 02 Jul 2024 02:54 |
Last Modified: | 02 Jul 2024 02:54 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1142 |
Actions (login required)
View Item |