ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V MIN 1 REMBANG TAHUN AJARAN 2019/2020

Mukhlishah, Ilya (2020) ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V MIN 1 REMBANG TAHUN AJARAN 2019/2020. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-anwar.

[img] Text
1_BAB AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2_BAB I.pdf

Download (861kB)
[img] Text
3_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
4_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
5_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
6_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (999kB)
[img] Text
7_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (708kB)
[img] Text
8_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
9_CURRICULUM VITAE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Mukhlishah, Ilya. 2020. Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik Kelas V MIN 1 Rembang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing Moh. Saiful Fatwa, M.Pd. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena pada kelas V MIN 1 Rembang, yaitu kurangnya keterampilan berpikir kritis siswa dan hasil belajar pada pembelajaran tematik. Kebanyakan siswa cenderung menggunakan pertanyaanpertnyaan kurang kritis dan jawaban yang diutarakan masih sebatas teori, belum menunjukkan jawaban analisis. Akibatnya, siswa kurang aktif dan belum bisa menerapkan konsep, sehingga dapat berpengaruh pada hasil belajar siswa. Penggunaan model pembelajaran discovery learning dapat membantu siswa meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar sehingga dapat mencapai prestasi belajar yang diinginkan. Tujuan penelitian untuk membuktikan apakah model pembelajaran discovery learning memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dan hasil belajar pada pembelajaran tematik. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain deskriptif. Populasi penelitian ini adalah semua kelas V MIN 1 Rembang yang berjumlah 67 siswa (31 siswa laki-laki dan 36 siswa perempuan). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik random sampling dengan sampel penelitian adalah siswa kelas V A dan V C MIN 1 Rembang. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa, observasi untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam menggunakan model discovery learning, serta wawancara dan dokumentasi untuk memperkuat tes dan observasi model discovery learning. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran discovery learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa (Sig. 0,041 < 0,05) dan hasil belajar (Sig. 0,850 > 0,05) pada pembelajaran tematik kelas V MIN 1 Rembang meningkat. Hasil tersebut dibuktikan berdasarkan pada tes keterampilan berpikir kritis, hasil belajar siswa dan keterlaksanaan model discovery learning pada pembelajaran tematik. Rata-rata tes keterampilan berpikir kritis siswa adalah 81,86 (kelas V A) dan 89,77 (kelas V C). Rata-rata hasil belajar siswa adalah 81,23 (kelas V A) dan 81,55 (kelas V C). Prosentase keterlaksanaan model discovery learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran tematik meningkat dengan rata-rata sebesar 86% dan 89%. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dan hasil belajar kelas V MIN 1 Rembang. Kata-kata kunci: discovery learning, keterampilan berpikir kritis, hasil belajar,pembelajaran tematik, siswa kelas V

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: discovery learning, keterampilan berpikir kritis, hasil belajar,pembelajaran tematik, siswa kelas V
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen dan Supervisi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Unnamed user with email admin@repositori.staialanwar.ac.id
Date Deposited: 12 Aug 2023 03:41
Last Modified: 12 Aug 2023 03:41
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/112

Actions (login required)

View Item View Item