Pujiati, Lutfi (2020) ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN BERBASIS RISET DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER PEDULI SISWA KELAS III SDISLAM UMAR HARUN SARANG REMBANGTAHUN AJARAN 2019/2020. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-anwar.
Text
1_BAB AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
2_BAB I.pdf Download (750kB) |
|
Text
3_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
4_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (762kB) |
|
Text
5_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (770kB) |
|
Text
6_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (629kB) |
|
Text
7_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (606kB) |
|
Text
8_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Lutfi Pujiati, 2020. Analisis Proses Pembelajaran Riset Dalam Menumbuhkan Karakter Peduli Siswa Kelas III SD Islam Umar Harun Tahun Ajar 2019/2020. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al Anwar Sarang. Pembimbing Nely Rahmawati Zaimah, M.Pd.I Pembelajaran merupakan suatu proses belajar dengan adanya tujuan untuk perubahan. Dalam pembelajaran terdapat beberapa metode, teknik, teori dan strategi dengan tujuan untuk menjadikan siswa aktif dan mudah untuk menerima materi. Salah satu metode pembelajaran yang melibatkan siswa aktif adalah metode riset. Pembelajaran dari teacher centered learning dan student centered learning ini untuk menjadikan pembelajaran berbasis riset menjadi relevan dan komprehensif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran berbasis riset dalam menumbuhkan karakter peduli siswa kelas 3 SD Islam Umar Harun. Penelitian ini menunjukkan perkembangan siswa terhadap lingkungan dan masyarakat, siswa mampu beradaptasi secara harmonis dalam pembelajaran di dalam sekolah maupun diluar sekolah. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek utama dalam penelitian ini adalah siswa dan guru kelas 3 SD Islam Umar Harun. Objeknya adalah penelitian proses pembelajaran berbasis riset dalam menumbuhkan karakter peduli siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya proses pembelajaran berbasis riset dalam menumbuhkan karakter peduli siswa kelas III SD Islam Umar Harun. Metode riset dalam pembelajaran ini, menumbuhkan karakter siswa sesuai dengan tahapan perkembangan siswa.Pembelajaran sesuai dengan kebutuhan siswa ini menjadikan siswa lebih aktif dan nyaman dalam menyampaikan maupun menerima materi. Kata kunci : pembelajaran berbasis riset, karakter peduli, dan siswa kelas III
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran berbasis riset, karakter peduli, dan siswa kelas III |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen Pembelajaran Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@repositori.staialanwar.ac.id |
Date Deposited: | 12 Aug 2023 03:41 |
Last Modified: | 12 Aug 2023 03:41 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/109 |
Actions (login required)
View Item |